Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Terbaru Sesui SK DIRJEN Nomor 3302 Tahun 2024
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3302 Tahun 2024 Tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah
Pada tanggal 31 Juli 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, mengeluarkan Keputusan Nomor 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Keputusan ini berlaku untuk semua madrasah di Indonesia, mencakup Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), termasuk Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
Latar Belakang
Keputusan ini dibuat untuk menindaklanjuti kebijakan
Kurikulum Merdeka di madrasah. Capaian Pembelajaran yang ditetapkan bertujuan
untuk memperkuat kompetensi dan akhlak mulia peserta didik melalui pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Sebagai respon terhadap perkembangan
zaman, Kurikulum Merdeka di madrasah diharapkan dapat menciptakan generasi yang
tidak hanya berpengetahuan luas tetapi juga berakhlak karimah.
Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab di Berbagai Jenjang
1. Raudhatul Athfal (RA): Pembelajaran di RA difokuskan pada pengenalan akhlak mulia, Al-Qur'an, Hadis, serta kosakata Bahasa Arab sederhana. Pembelajaran ini dilakukan dalam suasana yang harmonis antara guru, orang tua, dan siswa untuk membentuk karakter Islami sejak dini.
2. Madrasah Ibtidaiyah (MI): Pada jenjang ini, peserta didik
diharapkan menguasai bacaan Al-Qur'an dan Hadis, memahami kandungan ayat-ayat
Al-Qur'an, serta menghafal surah-surah pendek. Pembelajaran Bahasa Arab juga
ditekankan sebagai media untuk memahami ajaran Islam secara lebih mendalam.
3. Madrasah Tsanawiyah (MTs): Di jenjang MTs, fokus pembelajaran adalah pada penguasaan lebih lanjut terhadap bacaan tajwid Al-Qur'an dan pemahaman konteks Hadis. Para siswa didorong untuk mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, seperti sikap sabar, toleransi, dan kejujuran.
4. Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK): Pada jenjang tertinggi ini, siswa dipersiapkan untuk memahami tafsir Al-Qur'an dan hadis secara lebih mendalam. Siswa juga dilatih untuk kritis dalam menyikapi isu-isu sosial dan mampu memimpin dengan sikap amanah dan adil berdasarkan ajaran Islam.
Capaian Pembelajaran Bahasa Arab
Bahasa Arab menjadi fokus pembelajaran di semua jenjang madrasah. Pada RA, siswa dikenalkan dengan kosakata dasar. Di MI dan MTs, siswa mulai mempelajari tata bahasa (nahwu) dan meningkatkan keterampilan komunikasi. Di MA dan MAK, fokus pembelajaran adalah pada kemampuan membaca, menulis, dan memahami teks-teks berbahasa Arab secara kompleks, terutama yang berkaitan dengan Al-Qur'an dan Hadis.
Tujuan Keputusan
Keputusan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh madrasah di Indonesia mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara konsisten dan sistematis, terutama dalam aspek Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Dengan demikian, madrasah diharapkan mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga kuat secara spiritual dan moral.
Download CP PAI dan Bahasa Arab Terbaru Sesui SK DIRJEN Nomor 3302 Tahun 2024
Untuk mendapatkan dokumen lengkapnya, silakan klik di sini
untuk mengunduh.
Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Terbaru Sesui SK DIRJEN Nomor 3302 Tahun 2024"
Posting Komentar