Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas - pintar Kemenag
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.
Informasi Umum
Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.
Materi Pelatihan
Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari beberapa topik penting, di antaranya:
1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas
2. Pengayaan Konsep PTK
3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK
4. Perancangan PTK
5. Pengayaan dalam Merancang PTK
6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK
7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK
8. Penyusunan Laporan Hasil PTK
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi:
1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama
2. Semua pangkat dan golongan ruang
3. Semua jenis kelamin
4. Semua tingkat pendidikan
Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.
Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag
Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!
1 dari 10 soal
Hal-hal yang dilakukan kolaborator saat refleksi adalah...
A Memberi masukan untuk perbaikan siklus berikutnya
berdasarkan fakta hasil observasi
B Mengungkapkan fakta-fakta hasil observasi dalam
pembelajaran
C Mengkritisi kelemahan guru dalam mengajar
D Berkolaborasi dengan guru merumuskan perbaikan
pembelajaran siklus berikutnya
2 dari 10 soal
Prosedur yang tepat dalam perbaikan proses pembelajaran di
kelas PTK adalah:
A Rencana perbaikan - perbaikan - evaluasi - rekomendasi
B Fakta hasil observasi - verifikasi - rekomendasi -
perbaikan
C Plan - do -see- act
D Pembelajaran - Observasi - refleksi - rencana perbaikan
3 dari 10 soal
Catatan Kolaborator dari sebuah proses pembelajaran PTK
siklus 1 sebagai berikut:
i. Beberapa siswa terlihat mengantuk
ii. Guru sering terjebak pada aktifitas
"menjelaskan" yang berkepanjangan
iii. Aspek kreatifitas siswa belum terlihat
Berdasarkan data dan fakta tersebut di atas, usulan
kolaborator yang kurang tepat untuk memperbaiki pembelajaran siklus 2 adalah:
A Lebih banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
B Memberikan stimulus dengan hal-hal menarik tetapi masih
terkait materi
C Memberikan teguran pada siswa yang mengantuk
D Memanfaatkan media atau alat peraga dalam mejelaskan
konsep
4 dari 10 soal
Zone of proximal development merupakan tingkatan dari tujuan
dan proses pembelajaran yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi
(Joyce et al., 1996). Efek tingkatan dari tujuan dan proses pembelajaran yang
tidak terlalu rendah adalah...
A Dapat memotivasi siswa untuk berusaha lebih keras
dan memilih strategi belajar yang lebih tepat.
B Kurang menstimuli siswa untuk belajar lebih keras
C Menjadi beban bagi siswa yang tidak mudah untuk dihadapi
- Kunci Jawaban 3.15 Monitoring, Evaluasi, dan Sistem Penjaminan Mutu Madrasah Inklusif - Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.13 Pengelolaan dan Pengembangan Pendidikan Inklusif pada Madrasah - Bagian 5 – Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.8 ldentifikasi, Asesmen, dan Profil Peserta Didik Berkebutuhan Khusus - Bagian 3- Pintar Kemenag
D Kurang membangkitkan daya kreatifitas siswa
5 dari 10 soal
Selain sebagai pengajar, guru juga memiliki peran sebagai
peneliti dalam pembelajaran. Hal ini mengandung makna...
A Guru harus mampu melakukan rangkaian prosedur
ilmiah dalam proses evaluasi pembelajaran
B Guru mampu mempublikasikan hasil penelitiannya
C Guru harus mampu melakukan kegiatan ganda, mengajar
sekaligus meneliti
D Guru harus mampu membuat laporan hasil penelitian tindakan
kelas
6 dari 10 soal
Pernyataan berikut kurang tepat untuk perbaikan pembelajaran
dalam kelas PTK:
A Mengganti materi pembelajaran pada siklus berikutnya
B Mengganti model pembelajaran pada siklus ke 2 karena
dinilai kurang berhasil pada siklus 1
C Menambah lembar kerja pada siklus berikutnya
karena dinilai sangat dibutuhkan
D Mengganti objek/variable yang akan ditingkatkan pada
siklus berikutnya
7 dari 10 soal
Diketahui fakta dan data hasil observasi kolaborator dalam
kelas PTK sebagai berikut:
1. Variabel yang akan ditingkatkan: kreatifitas siswa
2. Tindakan yang diterapkan: Model Pembelajaran Jigsaw
3. Catatan Kolaborator:
i. Diskusi kurang efektif karena jumlah anggota kelompok
asal terlalu banyak (7-8 siswa)
ii. Presentasi kelompok membosankan karena semua kelompok
mempresentasikan hal yang sama
iii. Aspek kreatifitas siswa belum terlihat
Berdasarkan data dan fakta tersebut di atas, jika guru ingin
memperbaiki pembelajaran pada kelas PTK, maka yang dapat dilakukan adalah:
A Mengganti kreatifitas dengan keaktifan, karena indikator
keaktifan siswa lebih mudah diamati
B Mengganti instrument untuk mengukir aspek kreatifitas
siswa
D Mengganti model Jigsaw dengan model lain yang sesuai untuk
meningkatkan kreatifitas siswa, dan mengurangi jumlah anggota kelompok
D Mengurangi jumlah anggota kelompok dan cukup satu
kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi
8 dari 10 soal
Aspek yang tidak dipertimbangkan dalam perbaikan
pembelajaran pada kelas PTK adalah...
A Masukan dari kolaborator
B Pengalaman guru saat mengajar
C Data-data hasil observasi
D Masukan dari siswa
9 dari 10 soal
Tugas utama seorang kolaborator dalam PTK adalah...
A Mengidentifikasi persiapan mengajar guru
B Membantu guru mengevaluasi pembelajarannya
C Mengamati guru mengajar
D Mengamati keseluruhaspek dalam pembelajaran untuk
dasar perbaikan pembelajaran berikutnya
10 dari 10 soal
Dalam proses pembelajaran siklus 1 PTK seorang observer
melihat bahwa siswa paham terhadap konsep yang dijelaskan guru, tetapi selalu
kesulitan jika dikaitkan dengan pengetahuan/materi yang mendasari konsep
tersebut. Kemungkinan perbaikan yang bisa diusulkan adalah....
A Menguatkan kembali pengetahuan prasarat sesuai
kebutuhan
B Memberikan latihan sebanyak mungkin terkait konsep yang
sedang diajarkan
C Memberikan program remidial
D Mengulang kembali penjelasan kosep yang sedang diajarkan
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas - pintar Kemenag"
Posting Komentar