Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas - pintar Kemenag

 

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama

Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.

Informasi Umum

Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.

Materi Pelatihan

Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari beberapa topik penting, di antaranya:

1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas

2. Pengayaan Konsep PTK

3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK

4. Perancangan PTK

5. Pengayaan dalam Merancang PTK

6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK

7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK

8. Penyusunan Laporan Hasil PTK

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi:

1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama

2. Semua pangkat dan golongan ruang

3. Semua jenis kelamin

4. Semua tingkat pendidikan

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.

Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag

Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!

 

1 dari 10 soal

Hal-hal yang dilakukan kolaborator saat refleksi adalah...

A Memberi masukan untuk perbaikan siklus berikutnya berdasarkan fakta hasil observasi

B Mengungkapkan fakta-fakta hasil observasi dalam pembelajaran

C Mengkritisi kelemahan guru dalam mengajar

D Berkolaborasi dengan guru merumuskan perbaikan pembelajaran siklus berikutnya

 

2 dari 10 soal

Prosedur yang tepat dalam perbaikan proses pembelajaran di kelas PTK adalah:

A Rencana perbaikan - perbaikan - evaluasi - rekomendasi

Fakta hasil observasi - verifikasi - rekomendasi - perbaikan

C Plan - do -see- act

D Pembelajaran - Observasi - refleksi - rencana perbaikan

 

3 dari 10 soal

Catatan Kolaborator dari sebuah proses pembelajaran PTK siklus 1 sebagai berikut: 

i. Beberapa siswa terlihat mengantuk

ii. Guru sering terjebak pada aktifitas "menjelaskan" yang berkepanjangan

iii. Aspek kreatifitas siswa belum terlihat

Berdasarkan data dan fakta tersebut di atas, usulan kolaborator yang kurang tepat untuk memperbaiki pembelajaran siklus 2 adalah:

A Lebih banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran

B Memberikan stimulus dengan hal-hal menarik tetapi masih terkait materi

Memberikan teguran pada siswa yang mengantuk

D Memanfaatkan media atau alat peraga dalam mejelaskan konsep

 

4 dari 10 soal

Zone of proximal development merupakan tingkatan dari tujuan dan proses pembelajaran yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi (Joyce et al., 1996). Efek tingkatan dari tujuan dan proses pembelajaran yang tidak terlalu rendah adalah...

Dapat memotivasi siswa untuk berusaha lebih keras dan memilih strategi belajar yang lebih tepat.

B Kurang menstimuli siswa untuk belajar lebih keras

C Menjadi beban bagi siswa yang tidak mudah untuk dihadapi

D Kurang membangkitkan daya kreatifitas siswa

 

5 dari 10 soal

Selain sebagai pengajar, guru juga memiliki peran sebagai peneliti dalam pembelajaran. Hal ini mengandung makna...

Guru harus mampu melakukan rangkaian prosedur ilmiah dalam proses evaluasi pembelajaran

B Guru mampu mempublikasikan hasil penelitiannya

C Guru harus mampu melakukan kegiatan ganda, mengajar sekaligus meneliti

D Guru harus mampu membuat laporan hasil penelitian tindakan kelas

 

6 dari 10 soal

Pernyataan berikut kurang tepat untuk perbaikan pembelajaran dalam kelas PTK:

A Mengganti materi pembelajaran pada siklus berikutnya

B Mengganti model pembelajaran pada siklus ke 2 karena dinilai kurang berhasil pada siklus 1

Menambah lembar kerja pada siklus berikutnya karena dinilai sangat dibutuhkan 

D Mengganti objek/variable yang akan ditingkatkan pada siklus berikutnya

 

7 dari 10 soal

Diketahui fakta dan data hasil observasi kolaborator dalam kelas PTK sebagai berikut:

1. Variabel yang akan ditingkatkan: kreatifitas siswa

2. Tindakan yang diterapkan: Model Pembelajaran Jigsaw

3. Catatan Kolaborator:

i. Diskusi kurang efektif karena jumlah anggota kelompok asal terlalu banyak (7-8 siswa)

ii. Presentasi kelompok membosankan karena semua kelompok mempresentasikan hal yang sama

iii. Aspek kreatifitas siswa belum terlihat

Berdasarkan data dan fakta tersebut di atas, jika guru ingin memperbaiki pembelajaran pada kelas PTK, maka yang dapat dilakukan adalah:

A Mengganti kreatifitas dengan keaktifan, karena indikator keaktifan siswa lebih mudah diamati

B Mengganti instrument untuk mengukir aspek kreatifitas siswa

D Mengganti model Jigsaw dengan model lain yang sesuai untuk meningkatkan kreatifitas siswa, dan mengurangi jumlah anggota kelompok

Mengurangi jumlah anggota kelompok dan cukup satu kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi

 

8 dari 10 soal

Aspek yang tidak dipertimbangkan dalam perbaikan pembelajaran pada kelas PTK adalah...

A Masukan dari kolaborator

B Pengalaman guru saat mengajar

C Data-data hasil observasi

Masukan dari siswa

 

9 dari 10 soal

Tugas utama seorang kolaborator dalam PTK adalah...

A Mengidentifikasi persiapan mengajar guru

B Membantu guru mengevaluasi pembelajarannya

C Mengamati guru mengajar

Mengamati keseluruhaspek dalam pembelajaran untuk dasar perbaikan pembelajaran berikutnya

 

10 dari 10 soal

Dalam proses pembelajaran siklus 1 PTK seorang observer melihat bahwa siswa paham terhadap konsep yang dijelaskan guru, tetapi selalu kesulitan jika dikaitkan dengan pengetahuan/materi yang mendasari konsep tersebut. Kemungkinan perbaikan yang bisa diusulkan adalah....

Menguatkan kembali pengetahuan prasarat sesuai kebutuhan

B Memberikan latihan sebanyak mungkin terkait konsep yang sedang diajarkan

C Memberikan program remidial

D Mengulang kembali penjelasan kosep yang sedang diajarkan

Demikian infromasi tentang Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas - pintar Kemenag"