RPP Seni Rupa Semester Ganjil Kelas VIII K13 (KD. 1.2)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTsN Model
Kuripan
Kelas : VIII
(delapan)
Semester :
Ganjil
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Rupa)
Alokasi Waktu : 2x 40
menit x (1 pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR
1.1.Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan (sikap)
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian ( sikap)
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam
mengapresiai seni dan pembuatnya (sikap)
2.3 Menunjukkan sikap responsif, pro-aktif, dan peduli terhadap
lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya.(sikap)
3.2 Memahami konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan
teknik manual
atau digital (Pengetahuan)
4.2 Menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital . (ketrampilan)
.
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
1. Bisa Mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai
sumber pembelajaran
Dengan Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian mengidentifikasi gambar Illustrasi
2. Dapat Membuat disain
/ sketsa tentang gagasan berkarya seni rupa
dengan menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing.
3. Dapat
Mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperimenting atau mencoba) menggambar illustrasi dengan
teknik manual atau digital dengan
menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
4. Bisa
Mempublikasi / memamerkan karya seni rupa (networking atau membuat jejaring) kepada
orang lain tentang
Gambar Illustrasi yang telah dibuatnya.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok
bahasan ini, perserta didik diharapkan mampu :
1. Siswa secara aktif
mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber
pembelajaran tentang Gambar
Illustrasi dengan menunjukan sikap kerja
sama , bertanggungjawab , toleran dan disiplin melalui aktifitas berkesenian.
2. Siswa dapat memilih, menentukan dan membuat disain / sketsa tentang
gagasan berkarya seni rupa dengan
memahami konsep, dan prosedur gambar Illustrasi .berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing
3. Siswa dapat mewujudkan desain menjadi sebuah karya seni rupa jadi (eksperimenting atau mencoba) membuat gambar
Illustrasi dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan
siswa masing-masing.
4. Siswa dapat menemukan cara mempublikasi / memamerkan karyaseni rupa
(networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah
dibuatnya.
E. SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH) PEMBELAJARAN
KEGI
ATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Awal
|
Kegiatan awal
pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru membuka pembelajaran seni budaya (rupa) dengan mengucapkan salam,
mengabsen dan menanyakan keadaaan kelas.
2.
Guru menjelaskan
tentang tujuan pembelajaranseni rupa pada bulan ini, yakni untuk Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta
bangga terhadap Seni Rupa sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
3.
Guru
berupaya memotivasi para siswa kelas VIII untuk yakin diri dapat membuat karya seni rupa tentang prosedur menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital
|
10 MENIT
|
Kegiatan inti
|
Kegiatan inti
pembelajaranoleh guru dapat melakukan aktivitas berikut:
Pertemuan 1
1.
Pembagian kelompok siswa SMP kelas VIII menjadi 8 kelompok.
2.
Masing-masing kelompok membuat komitmen untuk bekerja sama yang
diwujudkan dalam bentuk berbagi tugas yang seimbang antarsiswa.
3. Masing-masing kelompok menyusun strategi dan cara
kerja eksplorasi tentang prosedur menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital dengan berbagai sumber belajar agar optimal.
4. Masing-masing siswa mendiskusikan alokasi waktu
penyelesaian mengenai tugas eksplorasi tentang prosedur menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital
5. Guru memposisikan diri sebagai mentor dan
mendampingi kelompok siswa dalam
melaksanakan ekplorasi prosedur menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
60 menit
|
Pertemuan
2
1. Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil
eksplorasi masing-masing kelompok siswa untuk mewujudkan menjadi rancangan
karya / desain / sketsa tentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
2. Masing-masing siswakelas VIII dalam kelompoknya mengumpulkan dan mendiskusikan hasil eksplorasi para anggotanya untuk menjadi rancangan
karya / desain / sketsa tentang menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital
3. Para anggota kelompok secara aktif memilih dan
menentukan satu karya seni rupa yang akan dirancang / didesain / dibuat sketsa tentang menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital
4. Melaksanakan pembuatan desain / sketsa tentang menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital dengan memperhatikan semua ide /
gagasan keseluruhan anggota kelompok.
Guru
memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa kelas VIII yang kesulitan membuat rancangan karya / desain / sketsatentang menggambar illustrasi dengan
teknik manual atau digital
|
60 menit
|
|
Pertemuan 3
1. Guru memberi penguatan pembelajaran, agar rancangan
karya / desain / sketsa tentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital minggu terdahulu diwujudkan dalam karya seni rupa yang jadi
2. Masing-masing kelompok siswa kelas VIImenyiapkan
peralatan dan bahan berkarya seni
rupa…...
3. Setiap siswa disiplin dan berperan aktif di
kelompoknya masing masing untuk mewujudkan karya seni rupa tentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
4. Semua anggota kelompok bekerja sama untuk
menyelesaikan karya seni rupa / memfinishing
tentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital dengan rasa penuh tanggung jawab.
5. Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa yang
kesulitan dalam mewujudkan karyaseni
rupatentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital.
|
60 menit
|
|
Pertemuan 4
1.
Guru memberi penguatan agar hasil karya seni rupa yang sudah dihasikan
tentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital segera dipublikasikan/dipamerkan.
2.
Masing-masing kelompok aktif mendiskusikan tentang informasi tentang
media, cara dan tempat untuk mempublikasikan/ memamerkankarya seni rupayang
telah dibuatnya kepada orang lain.
3.
Masing-masing individu bekerja sama membuat jejaring
(networking)dengan cara
mengundang/mengapload/ facebook, internet, dll., kepadasiswa kelas/para guru dan kepala
sekolah/para orang tua/khalayak umum/dll.,
untuk mendapat diapresiasi.
4.
Masing-masing siswa bertanggung jawab dengan cara berbagi tugas untuk
kesuksesan publikasi/pameran karyaseni rupayang telah dibuat.
5.
Guru memposisikan diri sebagai mentor dan mendampingi kelompok siswa
Kelas VIII
yangkesulitan dalam melaksanakan
publikasi/pameran karya seni rupa kepada orang lain.
|
60 menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan penutup pembelajaranoleh guru dapat
melakukan aktivitas berikut:
1.
Guru melaksanakantindak lanjut pembelajaran di kelas VII SMP dengan
cara memberi pengumuman untuk lanjutkan pada tahap merancang, membuat,
mempublikasi karya seni rupa pada minggu berikutnya.
2.
Guru dan siswa Kelas VIII melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan cara penilaian kinerja,
penilaian projek, penilaian portofoliodan penilaian laporan.
|
10 menit
|
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.
Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang menggambar illustrasi dengan
teknik manual atau digital
2.
Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital
3.
Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba)tentang menggambar illustrasi dengan
teknik manual atau digital
4.
Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentang menggambar illustrasi dengan
teknik manual atau digital
G. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Pendekatan Scientific
2.
Model Pembelajaran
: Model pembelajaran based projek, based problem dan based inovasi.
H. EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
Penililaian kinerja siswa (aktivitas belajar)
2.
Penilaian hasil projek (hasil belajar berkarya)
3.
Penilian fortopolio (sikap belajar
mnghargai/apresiasi)
4.
Penilaian tes tertulis (laporan)
I. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat dan bahan : Disesuiakan dengan KD
2.
Sumber belajar : (1)Buku sumber pembelajaran untuk siswa SMP mata
pelajaran Seni budayaKurikulum 2014
Penerbit BNSP, Jakarta; (2) Sumber media internet; (3)Sumber media masa (TV,
Koran, majalah, dll; (4) Moment pagelaran dan pameran di lokal maupun nasional;
(5) Kegiatan kesenian di lingkungan setempat, dll.
Mengetahui, Kuripan, Juli 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SAHIMI, S.PD, M.PD RUSLAN
WAHID
NIP. 19761231 200312 1 006 NIP. 19811225 200901 1 012
MATERI
PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Ilustrasi
berasal dari bahasa latin ilustrase yang artinya menerangkan atau
membuat terang. Secara umum ilustrasi adalah segala sesuatu yang berfungsi
menerangkan, menghidupkan dan memperindah sesuatu. Hal yang diterangkan
tersebut dapat berupa tulisan, keadaan, benda, cerita, ide gagasan, adegan dan
sebagainya. Sedang bentuk ilustrasi dapat berupa suara (music), gambar maupun
bentuk yang lain. Gambar ilustrasi adalah gambar yang berfungsi memperjelas
idea atau gagasan yang akan disampaikan oleh seorang kepada orang lain
(pembaca)
B.
Fungsi
Gambar Ilustrasi
a. Menarik perhatian orang sehingga pembaca tertarik
membaca buku, majalah, ataucerita yang disajikan
b. Memberikan gambaran sekilas tentang isi cerita atau karangan
yang dimaksud.
c. Memberikan tambahan pengalaman dan mengungkapkan
pengalaman sendiri dengan melihat gambar ilustrasi yang disajikan.
d. Melengkapi dan mempelajari jalan cerita yang
diutarakan terutama cerita bersambung (komik)
e. Menyampaikan kritik, saran, atau sindiran dalam
gambar (ilustrasi karikatur)
C. Syarat
Gambar Ilustrasi
a. Goresan garis atau sapuan berwarna tegas sehingga
mudah ditangkap maksudnya.
b. Gambar ilustrasi dapat menarik perhatian,
menyenangkan, dan mempermudah penerimaan maksud gambar.
c. Menonjolkan gambar yang penting agar inti cerita
mudah dimengerti.
d. Gambar ilustrasi disesuaikan dengan isi cerita atau
maksud tulisannya.
D. Teknik
menggambar Ilustrasi
a. Teknik arsir berupa teknik garis-garis atau
menyilang
b. Teknik blok berupa teknik gelap terang warna atau
tinta dengan blok.
c. Teknik dusel adalah teknik warna yang digoreskan
atau disapukan kemudian digosok dengan alat dusel
d. Teknik pontilis adalah teknik unutk memperoeh gelap
terang dengan menggunakan titik-titik
e. Teknik transparan adlah teknik campuran warna tipis,
tembus cahaya, atau warna permukaan kertas masih tampak.
f. Teknik plakat adalah teknik pewarnaan tebal atau
warna kental, menutup warna dasar kertas.
E.
Beberapa
Jenis Gambar Ilustrasi
1.
Ilustrasi berdasarkan penempatannya
Ilustrasi kulit depan / belakang (cover)
2.
Ilustrasi berdasarkan Bentuknya
Ilustrasi benda hidup (manusia, binantang, tumbuhan)
Ilustrasi benda mati (gedung, alat transportasi dan
lain-lain)
Karena
gambar ilustrasi juga memiliki tujuan memberikan informasi kepada pembaca, maka
gambar ilustrasi harus dapat dimengerti oleh pembaca tersebut. Untuk mencapai
tujuan tersebut maka perlu dipahami prinsip-prinsip dalam menggambar ilustrasi,
yakni ;
1.
Kelengkapan Konsep
Dalam
membuat suatu gambar ilustrasi kita terlebih dahulu harus memahami isi tujuan /
cerita. Gambar yang akan kita buat harus dapat menerangkan isi tulisan / cerita
tersebut.
2.
Pemilihan Bentuk
Bentuk
gambar harus disesuaikan dengan pembaca, misalnya ilustrasi untuk cerita anak,
cerita remaja dan lain sebagainya. Dengan bentuk yang tepat diharapkan
informasi yang disampaikan dapat diterima denagn baik dan benar serta mudah
dmengerti.
Tubuh
manusia memiliki ukuran-ukuran yang beraturan. Setiap anggota tubuh manusia
meiliki ukuran yang teratur bila dibandingkan dengan anggota yang lain.
Perbandingan-perbandingan tersebut disebut dengan proporsi . Dengan
mengenal pengetahuan dasar tentang tubuh manusia akan mudah bagi kita dalam
menggambarnya
Adapun
urutan kegiatan yang dilakukan dalam menggambar manusia adalah sebagai berikut
:
1.
Mengamati
contoh gambar (manusia), misalnya bayi, anak-anak, remaja, dewasa, laki-laki
atau perempuan.
2.
Memperhatikan
proporsi dan struktur tubuh (anatomi) manusia yang meliputi letak bagian-bagian
tubuh dan perbandingannya, serta bentuk tubuhnya (tinggi, pendek, kurus, gemuk,
dan lain-lain)
3.
Memperhatikan
profil (bentuk) raut muka dilihat dari depan dan samping serta bagian-bagian
wajahnya (mata, hidung, mulut, telinga dan lain-lain)
4.
Ekspresi
manusia, yaitu penampakan watak dan perasaan manusia yang kita gambar, misalnya
kejam, ramah, gembira, sedih, gelisah dan lain-lain.
5.
Membuat
ancang-ancang tubuh manusia mulai dari bagian kepala ke bagian kaki.
Menurut
seorang illustrator terkenal Amerika Serikat, Andrew Loomis bahwa
dalam menggambar manusia ada beberapa macam proporsi, yaitu ;
·
Proporsi normal adalah tujuh setengah kali kepela
·
Proporsi Ideal adalah delapan kali kepala
·
Proporsi Fashion adalah
delapan setengah kali kepala
·
Proporsi herois adalah
Sembilan kali kepala
F.
Bentuk
Gambar Ilustrasi
1.
Bentuk realistis
Ilustrasi
bentuk ini menampilkan gambar yang nyata atau mirip dengan bentuk alam
2.
Bentuk ekspresionisme
Ilustrasi
bentuk ini banyak dijumpai pada ilustrasi sastra, corak gambar sangat
dipengaruhi sekali oleh pribadi ilustratornya.
3.
Bentuk dekoratif
Ilustrasi
bentuk ini memiliki bentuk yang digayakan sesuai dengan gaya pribadi
ilustratornya.
4.
Bentuk kartun
Kartun
secara sederhana adalah gambar lucu, karena memang mengangkat tema-tema humor
dengan bentuk yang mengundang rasa geli. Bentuk gambarnya sangat sederhana,
mudah dipahami dan garis yang spontan serta hemat.
Karikatur
adalah gambar orang yang wajahnya diberi muatan lebih atau dilebih-lebihkan
(gambar yang bersifat protes, menarik dan lucu). Dengan demikian bentuknya
menjadi memiliki distorsi (penyimpangan proporsi dan anatomi. Dengan bentuk
demikian, karikatur juga mampu mengundang rasa geli, biasanya juga merupakan
sindiran terhadap seseorang.
G. Uji
Kompetensi
1.
Buatlah
gambar ilustrasi tentang cerita rakyat dari daerah tempat tinggalmu ! lakukan
sesuai dengan pengerjaan yang kamu ketahui.
2.
Buatlah
Ilustrasi pengalaman langsung yang pernah kita alami. Dengan langkah-langkah
sebagai berikut :
a.
Memahami
seluruh isi cerita
b.
Menentukan
adegan yang akan dibuat gambar bentuk ilustrasi
c.
Menentukan
tokoh dalam ilustrasi, baik bentuk, mimic dan kemungkinan gerak
d.
Meenetukan
latar belakang gambar yang tepat
e.
Memilih
media yang digunakan
Contoh : Suatu
siang saya melihat pemandangan yang membuat hati saya terenyuh. Seorang
pengemis tua dengan baju rombeng dan dihadapannya seorang anak kecil memberinya
beberapa keeping uang logam.
Penentuan
adegan
Seorang
anak kecil sedang memberi beberapa keeping uang logam kepada pengemis tua.
Penentuan
cerita
·
Seorang
anak kecil dengan sikap memberi
·
Lucu
·
Lelaki
dengan tubuh kurus kering dalam sikap menerima pemberian. Tangan kirinya
memegang tongkat dengan kaian sarung diselempangkan di bahu.
Penentua
latar
Sebuah
pagar dengan pohon tampak sebagian
Penentuan
media
Spidol,
cat air, pastel
Lampiran-2a
LEMBAR PENILAIAN
1. Penilaian Sikap Spiritual
Kelas VIII ....
No
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA 2 NILAI
|
|||
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Memberi salam pada saat awal dan akhir
bertanya/presentasi
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA 2 NILAI
|
|||
Menjalankan ibadah tepat waktu
|
Bersyukur atas ilmu, nikmat, dan karunia Tuhan
Yang Maha Esa
|
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
|
‘’’’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA 2 NILAI
|
|||
Memelihara
hubungan baik dengan sesama teman umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA 2 NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
‘’’’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
1.
A(Sangat Baik) dengan rentang
nilai 91 – 100
2.
B
(Baik) dengan rentang nilai 81
–90
3.
C (Cukup Baik) dengan rentang
nilai 71 – 80
4.
D (Kurang Baik) dengan rentang
nilai 61 – 70
2. Penilaian Sikap Sosial
Kelas VIII ....
No
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN OBSERVASI
|
RATA 2 NILAI
|
||||
Disiplin
|
Percaya Diri
|
‘’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN ANTAR TEMAN
|
RATA 2 NILAI
|
|||
Kerjasama
|
Toleransi
|
Santun
|
Tanggung-jawab
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN DIRI SENDIRI
|
RATA 2 NILAI
|
|||
Jujur
dalam ulangan (tidak nyontek) dan jujur dalam berkarya (tidak dibuatkan orang
lain)
|
Menghargai karya seni
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
No
|
NAMA SISWA
|
JURNAL CATATAN GURU
|
RATA 2 NILAI
|
KETERANGAN
ATAU DESKRIPSI
|
|||
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
‘’’’’’’
|
||||
1
|
..........................
|
||||||
2
|
..........................
|
||||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Nilai berkisar :
0 – 100
B.
KKM Mapel :
75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A(Sangat Baik) dengan rentang
nilai 91
– 100
b.
B
(Baik) dengan rentang nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang
nilai 71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang
nilai 61 – 70
3. Penilaian Pengetahuan
1. Penilaian Pengetahuan dapat berbentuk:
a.
Tes Tulis
b.
Tes Lisan
c.
Penugasan
2. Penilaian Pengetahuan terdiri dari:
a.
Nilai Harian
b.
Nilai UTS
c.
Nilai UAS/UKK
3. Rumus Nilai Pengetahuan : 2 NH + UTS +
UAS/UKK : 4
4. Penilaian Keterampilan
1. Penilaian Proses / Kinerja
Tulis Jenis Kinerja sesuai KD / Indikator
..................................
No
|
NAMA SISWA
|
ASPEK PENILAIAN (Disesuaikan)
|
RATA 2 NILAI
|
|||
...............
|
...............
|
...............
|
...............
|
|||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN
:
A.
Nilai berkisar 0 – 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat
Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik)
dengan rentang nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71
– 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61 – 70
2. Penilaian Proyek
Tulis Jenis Proyek (Pameran Karya Seni Rupa): Pameran
No
|
NAMA SISWA /
KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA 2 NILAI
|
KET.
|
||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
|
||||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN :
A.
Tahap Perencanaan:
1.
Rumusan judul atau Tema Pameran
2.
Penyusunan Proposal Pameran
3.
Pembentukan Kepanitiaan
4.
Dsb.
B.
Tahap Pelaksanaan :
1.
Kinerja Kepanitiaan
2.
Kualitas Karya
3.
Penataan Karya
4.
Dekorasi Stand
dsb.
C.
Tahap Pelaporan :
1.
Penyusunan Laporan Kegiatan
2.
Dsb
KETERANGAN
:
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat
Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik)
dengan rentang nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai
71 – 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang
nilai 61 – 70
3. Penilaian Portofolio
Tulis Jenis Portofolio yang dikerjakan
No
|
NAMA SISWA /
KELOMPOK
|
ASPEK PENILAIAN
|
RATA 2 NILAI
|
KET.
|
||
Karya ke 1 dari
Pembelajaran 1
|
Karya ke 2
dari
Pembelajaran 2
|
...........
|
||||
1
|
..........................
|
|||||
2
|
..........................
|
|||||
..
|
..........................
|
KETERANGAN
:
A.
Nilai berkisar 0
– 100
B.
KKM Mapel 75
C.
Penentuan Nilai dan Predikat :
a.
A (Sangat
Baik) dengan rentang nilai 91 – 100
b.
B (Baik)
dengan rentang nilai 81
–90
c.
C (Cukup Baik) dengan rentang nilai 71
– 80
d.
D (Kurang Baik) dengan rentang nilai 61
– 70
Posting Komentar untuk "RPP Seni Rupa Semester Ganjil Kelas VIII K13 (KD. 1.2)"
Posting Komentar