Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Tabel Angka Kredit Bagi Guru Jabatan Fungsional Format PPT

Setiap guru yang menduduki jabatan fungsional bila ingin mengajukan kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi pasti akan menyusun Daftar Usulan Kenaikan Pangkat yang disebut DUPAK atau PAK.
Tabel angka kredit guru
Dok. Pribadi
DUPAK atau PAK merupakan kumpulan nilai-nilai angka kredit yang diperoleh oleh guru setiap tahunnya. Namun dengan aturan terbaru untuk pengajuan pangkat DUPAK disusun setelah mencapai 4 tahun.

Dalam penyusunan DUPAK mengacu pada Permenag PAN dan RB no. 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Dalam permen ini diuraikan secara detail terkait angka kredit yang diperoleh untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh guru.

Namun yang banyak terjadi di lapangan tak jarang seorang guru sering mendapatkan kesulitan dalam menyusun dupak sehingga biasanya guru minta dibuatkan atau dihitungkan ke kantor terkait atau ke pihak lain yang memiliki kompeten dalam penyusunan dupak. Sangat jarang guru secara mandiri untuk bisa menyusun dupak. 

Dalam dupak itu sendiri berisi dua unsur yang harus dipenuhi oleh guru yaitu unsur utama yang dicapai sebesar 90 % dan unsur penunjang dengan capaian 10 %. Masing-masing unsur memiliki sub unsur lagi dimana unsur utama terdiri dari unsur pendidikan dan pelatihan, pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu serta pengembangan diri atau PKB (pengembangan keprofesian berkelanjutan).

Sementara unsur penunjang terdiri dari penunjang tugas guru seperti melakukan evaluasi penilaian tingkat sekolah atau nasional, menjadi pengurus atau anggota organisasi profesi, memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampu, melaksanakan kegiatan tugas guru lainnya dan memperoleh penghargaan atau tanda jasa.

Guna mempermudah dalam penyusunan dupak berikut ini saya share tabel angka kredit dimana dalam tabel ini ditampilkan secara detail tabel AK guru mata pelajaran dan guri BK baik tabel AK guru dengan tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka seperti menjadi kepala ataupun waka sekolah selama satu tahun atau kurang dari satu tahun. Selain itu tabel berisi AK guru dengan tugas tambahan yang tidak mengurangi jam tatap muka selama 1 tahun atau kurang dari satu tahun. 

Nah untuk lebih lengkapnya tabel AK kredit guru sesuai Permenag PAN dan RB no 16 tahun 2009 Anda dapat unduh pada link di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Download Tabel Angka Kredit Bagi Guru Jabatan Fungsional Format PPT"