Rekrutmen Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah 2024
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan Islam di madrasah, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam terus melakukan berbagai inovasi dan program pengembangan. Salah satu program penting yang sedang diimplementasikan adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di madrasah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan lainnya sehingga mereka mampu menghadapi tantangan pendidikan di era modern dengan lebih baik.
A. LATAR BELAKANG
Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan di madrasah. Peningkatan mutu guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Fokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.
Dalam rangka mendukung implementasi kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan proses seleksi Tim Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK (Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan) Madrasah yang meliputi jenjang RA, MI, MTs, dan MA/MAK.
B. KETENTUAN UMUM
Tahun 2024, Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menindaklanjuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan beberapa kegiatan penguatan yaitu penyusunan modul pelatihan guru dan tenaga kependidikan, pengembangan silabus modul PKB Guru dan Tendik Madrasah, pengembangan e-learning modul PKB guru dan tenaga kependidikan madrasah, dan pengembangan instrumen Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) madrasah.
Penyelenggaraan rekrutmen penulis dan reviewer instrumen Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah didasarkan atas perencanaan kebutuhan program tersebut. Selanjutnya memerlukan penulis yang memiliki pola pikir berkembang (growth mindset), memiliki ide kreatif, menguasai Kurikulum Merdeka, berkomitmen untuk berperan aktif dan berkolaborasi, dan berpengalaman dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Kriteria Umum Peserta Seleksi Penulis dan Reviewer
- Kualifikasi Pendidikan minimal S1 untuk penulis dibuktikan dengan salinan ijazah terakhir dari perguruan tinggi.
- Kualifikasi Pendidikan minimal S2 untuk reviewer dibuktikan dengan salinan ijazah terakhir dari perguruan tinggi.
- Pendaftar dari unsur Guru memiliki sertifikat pendidik.
- Masa tugas menjadi guru/kepala madrasah/pengawas madrasah/widyaiswara/dosen (negeri atau swasta) minimal 5 tahun.
- Berlatar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran pada jenjang pendidikan yang dibuktikan dengan salinan ijazah yang linier sesuai dengan regulasi yang berlaku.
- Diutamakan memiliki pengalaman sebagai penulis/reviewer/pengembang soal/instrumen asesmen tingkat Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kota.
- Diutamakan menguasai Kurikulum Merdeka yang dibuktikan dengan sertifikat kegiatan webinar/pelatihan/seminar.
- Mendapatkan rekomendasi dari atasan langsung yang dibuktikan dengan rekomendasi atasan.
- Memiliki kemampuan/familiari bekerja dengan perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).
- Mengikuti seleksi administrasi dan seleksi akademik yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama RI.
- Memiliki kompetensi yang diperlukan, meliputi: kecakapan tata tulis Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris yang baik, kecakapan bekerja secara daring/online, serta komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan bekerja sama serta berkomunikasi efektif dengan tim.
C. KETENTUAN KHUSUS
Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah
- Guru, Kepala Madrasah/Sekolah, Pengawas, Widyaiswara Pusdiklat/Balai Diklat Kementerian Agama/PPPPTK Kemendikbud dan Dosen pada perguruan tinggi.
- Pendaftar dari unsur Guru memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang dipilih.
- Diutamakan yang memiliki pengalaman mengembangkan instrumen asesmen (AKMI/AKGTK) dibuktikan dengan surat keterangan dan hasil pengembangan instrumen.
- Memiliki pengalaman mengembangkan konten pembelajaran dan Modul PKB Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah baik modul tatap muka maupun modul online dibuktikan dengan menyertakan link tautan hasil karya.
- Diutamakan memiliki pengalaman mereview Instrumen AKGTK/AKMI bagi reviewer.
- Mengikuti ujian CBT sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan bagi yang dinyatakan lulus administrasi.
D. ALUR PENDAFTARAN
- Setiap calon penulis dan reviewer mendaftar secara mandiri dan menyertakan rekomendasi dari atasan langsung sesuai persyaratan yang ditetapkan.
- Rekrutmen dilakukan secara online melalui laman: https://madrasahreform.kemenag.go.id/instrumenakgtk/
- Keputusan hasil rekrutmen tidak dapat diganggu gugat dan mutlak menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
E. TAHAPAN SELEKSI
Tahap-tahap seleksi melalui proses sebagai
berikut:
No |
Kegiatan |
Waktu |
1 |
Pengumuman |
3 Juni 2024 |
2 |
Pendaftaran secara Online (upload) persyaratan
administrasi melalui: https://madrasahreform.kemenag.go.id/instrumenakgtk/ |
3 – 12 Juni 2024 |
3 |
Seleksi Administrasi dan Akademik |
13-25 Juni 2024 |
4 |
Pengumuman hasil seleksi 1 |
2 Juli 2024 |
5 |
Seleksi Tes tertulis (CBT) Uji Coba / Try out |
4 Juli 2024 |
6 |
Pelaksanaan tes |
5 Juli 2024 |
7 |
Pleno Hasil Seleksi |
8-12 Juli 2024 |
8 |
Pengumuman Hasil Seleksi |
16 Juli 2024 |
Pemberitahuan hasil seleksi calon penulis dan reviewer modul dan instrumen AKGTK dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui website pendaftaran.
Download Rekrutmen Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah 2024
Untuk mendownload informasi terkait rekrutmen
penulis dan reviewer instrumen AKGTK Madrasah tahun 2024, Anda dapat
mengunjungi link berikut:
Di link tersebut, Anda akan menemukan semua
informasi yang diperlukan terkait prosedur pendaftaran, kriteria, serta jadwal
seleksi penulis dan reviewer instrumen AKGTK Madrasah 2024. Pastikan Anda
membaca dengan teliti setiap persyaratan dan tahapan yang harus dilalui untuk
mengikuti rekrutmen ini.
Penutup
Rekrutmen penulis dan reviewer instrumen AKGTK Madrasah merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Indonesia. Dengan seleksi yang ketat dan kriteria yang jelas, diharapkan tim yang terbentuk akan mampu menghasilkan instrumen asesmen yang berkualitas tinggi. Melalui program ini, Kementerian Agama menunjukkan komitmennya dalam menciptakan pendidikan yang unggul dan berdaya saing global.
Posting Komentar untuk "Rekrutmen Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah 2024"
Posting Komentar