Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal | Pintar Kemenag

Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal |Pintar Kemenag

Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA

Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal Pintar Kemenag

Informasi Umum

Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka.

Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.

Asesmen awal pembelajaran merupakan langkah penting di awal tahun ajaran untuk memetakan kemampuan dasar dan kebutuhan belajar numerasi peserta didik. Dalam topik ini, kepala satuan pendidikan dan guru didorong untuk memahami bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, pengalaman yang unik, dan memiliki peta belajar yang beragam. Asesmen ini membantu guru merancang pembelajaran terdiferensiasi numerasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik.

Materi Pelatihan

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari 7 materi, yaitu :

  1. Pengantar Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi
  2. Persiapan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi (Adaptasi Pratham-TaRL/ Teaching at The Right Level)
  3. Panduan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi: Bilangan dan Operasinya (Adaptasi Pratham-TaRL)
  4. Melaksanakan Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal: Bilangan dan Operasinya (Adaptasi Pratham-TaRL)
  5. Penilaian Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Bilangan dan Operasinya (Adaptasi Pratham-TaRL)
  6. Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal (Adaptasi EGMA/Early Grade Mathematics Assessment)
  7. Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA.

 

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari, secara Asynchronous, dengan 1 Ujian pada akhir pelatihan.

Persyaratan

Mampu merancang pembelajaran terdiferensiasi numerasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik

Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal Pintar Kemenag

1 dari 20 soal

Jika siswa melakukan tiga kesalahan atau lebih dalam mengenal bilangan saat asesmen numerasi dengan pendekatan Pratham, hal yang benar dilakukan guru adalah...

A Siswa melanjutkan ke tingkat selanjutnya

B Siswa diberi kesempatan untuk mengulang

C Guru melanjutkan ke tingkat ke operasi bilangan

D Asesmen berhenti dan siswa berada di tingkat mengenal bilangan

 

2 dari 20 soal

Berikut ini adalah dokumen yang perlu disiapkan dalam asesmen numerasi:

A Buklet atau Lembar Soal Asesmen

B Panduan asesmen

C Lembar penilaian siswa

D Semua benar

 

3 dari 20 soal

Tujuan dari melakukan Tugas 1 : Menghitung Benda Konkret hingga 10 adalah 

A Mengetahui siswa dalam menjumlah bilangan sampai dengan sepuluh.

B Mengetahui kemampuan siswa menghitung benda hingga sepuluh dengan tepat.

C Mengetahui siswa akan bilangan.

D Mengetahui siswa dalam operasi bilangan.

 

4 dari 20 soal

Berikut elemen konten dalam pembelajaran matematika untuk jenjang SD, kecuali :

A Rumus 

B Bilangan

C Analisis Data dan peluang

D Geometri 

 

5 dari 20 soal

Berikut adalah prosedur pelaksanaan awal pembelajaran asesmen numerasi sederhana, kecuali:

A Asesmen dihentikan ketika siswa melakukan 3 kesalahan atau lebih di sub tugas tertentu

B Tidak dibatasi waktu tertentu

C Dilakukan terhadap semua siswa secara bersamaan

D Dilakukan per individu siswa

 

6 dari 20 soal

Saat melakukan Asesmen Numerasi dengan pendekatan EGMA, pada Tugas 3 : Membandingkan Bilangan , manakah hal penting diketahui guru :

A Guru dapat meminta siswa mengulang.

B Jika siswa menjawab salah untuk tiga soal berturut-turut hentikan asesmen pada tugas ini dan lanjutkan kepada tugas berikutnya.

C Jika siswa menjawab salah untuk tiga soal berturut-turut hentikan proses asesmen.

D Guru meminta siswa untuk menggunakan alat bantu.

 

7 dari 20 soal

Apa manfaat pentingnya membuat catatan selama proses asesmen?

A Memberikan bukti kepada atasan bahwa ada bukti asesmen dilakukan

B  Mengetahui siswa lolos atau tidak lolos asesmen

C Memberikan semangat kepada siswa agar serius mengerjakan soal

D Mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal

 

8 dari 20 soal

Pada tingkat operasi bilangan , manakah kegiatan yang benar dilakukan oleh guru saat siswa menjawab soal ?

A Guru membantu siswa dalam memilih soal operasi bilangan.

B Guru mengamati cara siswa memcahkan soal dan catat pada lembar Penilaian Siswa.

C Guru menyediakan pilihan soal yang dapat dikerjakan siswa

D Guru memberikan petunjuk tahapan menyelesaikan soal.

 

9 dari 20 soal

Manfaat dari melakukan asesmen awal pembelajaran numerasi adalah, kecuali:

A Membantu guru memetakan kualitas pembelajaran guru

B Guru mengetahui apa yang sudah dan belum dikuasai siswa dalam numerasi

C Hasil asesmen membantu guru dalam pengelompokan kemampuan siswa

D Sebagai dasar guru dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa

 

10 dari 20 soal

Berikut adalah pernyataan yang benar mengapa asesmen numerasi kelas awal ini dilakukan kepada setiap siswa di kelas :

A Guru dan Siswa dapat mendiskusikan soal yang sesuai dengan siswa.

B Guru mengetahui kelompok siswa yang tidak bisa dan bisa.

C Siswa tidak mengetahui jawaban dari siswa lain. 

D Guru dapat mengetahui tingkat kepercayaan diri dan kecepatan siswa dalam memahami materi.

 

11 dari 20 soal

Berikut ini yang BUKAN merupakan paket instrumen asesmen numerasi kelas awal adalah

A Petunjuk Pelaksanaan Asesmen

B Buklet Siswa yang dapat digunakan berulang

C Lembar Pengamatan Perilaku Siswa

D Lembar Penilaian Siswa

 

12 dari 20 soal

Berikut ini adalah hal -hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan asesmen awal pembelajaran numerasi kecuali: 

A Mempelajari panduan, menyiapkan instrumen, dan lembar penilaian asesmen 

B Menyiapkan lokasi untuk pelaksanaan asesmen

C Menyiapkan jawaban yang sesuai

D Menyusun rencana dan jadwal asesmen awal pembelajaran 

 

13 dari 20 soal

Berikut alat bantu hitung yang dapat digunakan oleh guru (disesuiakan dengan konteks masing-masing wilayah) dalam melakukan asesmen numerasi , kecuali:

A Kerikil

B Kalkulator

C Lidi

D Tutup Botol.

 

14 dari 20 soal

Pada Lembar Penilaian Siswa, guru perlu mencatat…

A jumlah soal yang telah dijawab dengan salah oleh tiap siswa 

B jumlah soal yang telah dijawab dengan benar oleh tiap siswa

C nomor-nomor soal yang dijawab dengan salah oleh setiap siswa

D jumlah soal yang telah dijawab dengan benar maupun salah oleh tiap siswa

 

15 dari 20 soal

Materi dalam pelatihan Asesmen numerasi kelas awal ini ini ditujukan pada bagian :

A Operasi Bilangan Sederhana

B Pengukuran dan Geometri

C Pengenalan Bilangan

D A dan C benar

 

16 dari 20 soal

Dalam tahapan persiapan dalam melakukan asesmen numerasi yang dapat dilakukan guru adalah

A Memberitahukan bahwa akan ada sebuah test

B Mengelola asesemen sebagai kegiatan bukan ujian atau test

C Membangun perasaan dan suasana nyaman bagi siswa

D A dan C Benar

 

17 dari 20 soal

Dalam asesmen numerasi dengan adaptasi Pratham pada tingkat satu pengenalan bilangan, manakah hal berikut yang benar untuk dilakukan oleh siswa:

A Siswa menjawab soal bilangan dengan mendemonstrasikan ke guru.

B Siswa menulis jawaban soal di kertas.

C Siswa menjawab soal, siswa diminta menunjuk dan menyebut bilangannya.

D Siswa menjawab soal dengan alat bantu.

 

18 dari 20 soal

Tugas pertama saat guru melakukan asesment numerasi dengan adaptasi EGMA adalah:

A Pengenalan Bilangan < 100

B Nilai Tempat

C Menghitung benda konkret hingga 10

D Membandingkan dua bilangan

 

19 dari 20 soal

Tujuan utama melakukan asesmen awal kemampuan numerasi dasar siswa adalah… 

A Pilihan b dan c benar.

B Membantu guru memetakan apa saja yang telah dan belum siswa pahami terkait kemampuan numerasi dasar.

C Menilai hasil belajar siswa

D Memudahkan guru menyiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai kebutuhan belajar siswa

 

20 dari 20 soal

Manakah pernyataan berikut yang sesuai untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam asesmen numerasi ini:

A Siswa dapat memilih tingkat dan jenis soal yang sesuai.

B Semua siswa harus memulai dari tingkat satu, dan dapat melanjutkan ke tingkat berikutnya jika telah berhasil pada tingkat satu.

C B dan C Benar

D Siswa dikelompokkan menurut tingkat kemampuannya.


Note : Kunci jawaban yang dipilih adalah yang tercetak tebal.

Demikian artikel tentang Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA untuk Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal di MOOC Pintar Kemenag, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal | Pintar Kemenag"