Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal | Pintar Kemenag
Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal |Pintar Kemenag
Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal Pintar Kemenag
Informasi Umum
Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online
Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada
jadwal Zoom ataupun tatap muka.
Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai
selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai
dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.
Asesmen awal pembelajaran merupakan langkah penting di awal
tahun ajaran untuk memetakan kemampuan dasar dan kebutuhan belajar numerasi
peserta didik. Dalam topik ini, kepala satuan pendidikan dan guru didorong
untuk memahami bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda,
pengalaman yang unik, dan memiliki peta belajar yang beragam. Asesmen ini
membantu guru merancang pembelajaran terdiferensiasi numerasi sesuai dengan
kemampuan dan kebutuhan peserta didik.
Materi Pelatihan
Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari 7 materi, yaitu
:
- Pengantar
Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi
- Persiapan
Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi (Adaptasi Pratham-TaRL/ Teaching at The
Right Level)
- Panduan
Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi: Bilangan dan Operasinya (Adaptasi
Pratham-TaRL)
- Melaksanakan
Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal: Bilangan dan Operasinya
(Adaptasi Pratham-TaRL)
- Penilaian
Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Bilangan dan Operasinya
(Adaptasi Pratham-TaRL)
- Asesmen
Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal (Adaptasi EGMA/Early Grade
Mathematics Assessment)
- Petunjuk
Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA.
Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari, secara
Asynchronous, dengan 1 Ujian pada akhir pelatihan.
Persyaratan
Mampu merancang pembelajaran terdiferensiasi numerasi sesuai
dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik
Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal Pintar Kemenag
1 dari 20 soal
Jika siswa melakukan tiga kesalahan atau lebih dalam
mengenal bilangan saat asesmen numerasi dengan pendekatan Pratham, hal yang
benar dilakukan guru adalah...
A Siswa melanjutkan ke tingkat selanjutnya
B Siswa diberi kesempatan untuk mengulang
C Guru melanjutkan ke tingkat ke operasi bilangan
D Asesmen berhenti dan siswa berada di tingkat mengenal
bilangan
2 dari 20 soal
Berikut ini adalah dokumen yang perlu disiapkan dalam
asesmen numerasi:
A Buklet atau Lembar Soal Asesmen
B Panduan asesmen
C Lembar penilaian siswa
D Semua benar
3 dari 20 soal
Tujuan dari melakukan Tugas 1 : Menghitung Benda Konkret
hingga 10 adalah
A Mengetahui siswa dalam menjumlah bilangan sampai
dengan sepuluh.
B Mengetahui kemampuan siswa menghitung benda hingga
sepuluh dengan tepat.
C Mengetahui siswa akan bilangan.
D Mengetahui siswa dalam operasi bilangan.
4 dari 20 soal
Berikut elemen konten dalam pembelajaran matematika untuk
jenjang SD, kecuali :
A Rumus
B Bilangan
C Analisis Data dan peluang
D Geometri
5 dari 20 soal
Berikut adalah prosedur pelaksanaan awal pembelajaran
asesmen numerasi sederhana, kecuali:
A Asesmen dihentikan ketika siswa melakukan 3
kesalahan atau lebih di sub tugas tertentu
B Tidak dibatasi waktu tertentu
C Dilakukan terhadap semua siswa secara bersamaan
D Dilakukan per individu siswa
6 dari 20 soal
Saat melakukan Asesmen Numerasi dengan pendekatan EGMA, pada
Tugas 3 : Membandingkan Bilangan , manakah hal penting diketahui guru :
A Guru dapat meminta siswa mengulang.
B Jika siswa menjawab salah untuk tiga soal
berturut-turut hentikan asesmen pada tugas ini dan lanjutkan kepada tugas
berikutnya.
C Jika siswa menjawab salah untuk tiga soal
berturut-turut hentikan proses asesmen.
D Guru meminta siswa untuk menggunakan alat bantu.
7 dari 20 soal
Apa manfaat pentingnya membuat catatan selama proses
asesmen?
A Memberikan bukti kepada atasan bahwa ada bukti
asesmen dilakukan
B Mengetahui
siswa lolos atau tidak lolos asesmen
C Memberikan semangat kepada siswa agar serius
mengerjakan soal
D Mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam
menyelesaikan soal
8 dari 20 soal
Pada tingkat operasi bilangan , manakah kegiatan yang benar
dilakukan oleh guru saat siswa menjawab soal ?
A Guru membantu siswa dalam memilih soal operasi
bilangan.
B Guru mengamati cara siswa memcahkan soal dan catat pada
lembar Penilaian Siswa.
C Guru menyediakan pilihan soal yang dapat dikerjakan
siswa
D Guru memberikan petunjuk tahapan menyelesaikan
soal.
9 dari 20 soal
Manfaat dari melakukan asesmen awal pembelajaran numerasi
adalah, kecuali:
A Membantu guru memetakan kualitas pembelajaran guru
B Guru mengetahui apa yang sudah dan belum dikuasai
siswa dalam numerasi
C Hasil asesmen membantu guru dalam pengelompokan
kemampuan siswa
D Sebagai dasar guru dalam menyiapkan kegiatan
pembelajaran sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa
10 dari 20 soal
Berikut adalah pernyataan yang benar mengapa asesmen
numerasi kelas awal ini dilakukan kepada setiap siswa di kelas :
A Guru dan Siswa dapat mendiskusikan soal yang sesuai
dengan siswa.
B Guru mengetahui kelompok siswa yang tidak bisa dan
bisa.
C Siswa tidak mengetahui jawaban dari siswa
lain.
D Guru dapat mengetahui tingkat kepercayaan diri dan
kecepatan siswa dalam memahami materi.
11 dari 20 soal
Berikut ini yang BUKAN merupakan paket instrumen asesmen
numerasi kelas awal adalah
A Petunjuk Pelaksanaan Asesmen
B Buklet Siswa yang dapat digunakan berulang
C Lembar Pengamatan Perilaku Siswa
D Lembar Penilaian Siswa
12 dari 20 soal
Berikut ini adalah hal -hal yang harus diperhatikan dalam
mempersiapkan asesmen awal pembelajaran numerasi kecuali:
A Mempelajari panduan, menyiapkan instrumen, dan
lembar penilaian asesmen
B Menyiapkan lokasi untuk pelaksanaan asesmen
C Menyiapkan jawaban yang sesuai
D Menyusun rencana dan jadwal asesmen awal
pembelajaran
13 dari 20 soal
Berikut alat bantu hitung yang dapat digunakan oleh guru
(disesuiakan dengan konteks masing-masing wilayah) dalam melakukan asesmen
numerasi , kecuali:
A Kerikil
B Kalkulator
C Lidi
D Tutup Botol.
14 dari 20 soal
Pada Lembar Penilaian Siswa, guru perlu mencatat…
A jumlah soal yang telah dijawab dengan salah oleh
tiap siswa
B jumlah soal yang telah dijawab dengan benar oleh tiap
siswa
C nomor-nomor soal yang dijawab dengan salah oleh
setiap siswa
D jumlah soal yang telah dijawab dengan benar maupun
salah oleh tiap siswa
15 dari 20 soal
Materi dalam pelatihan Asesmen numerasi kelas awal ini ini
ditujukan pada bagian :
A Operasi Bilangan Sederhana
B Pengukuran dan Geometri
C Pengenalan Bilangan
D A dan C benar
16 dari 20 soal
Dalam tahapan persiapan dalam melakukan asesmen numerasi
yang dapat dilakukan guru adalah
A Memberitahukan bahwa akan ada sebuah test
B Mengelola asesemen sebagai kegiatan bukan ujian
atau test
C Membangun perasaan dan suasana nyaman bagi siswa
D A dan C Benar
17 dari 20 soal
Dalam asesmen numerasi dengan adaptasi Pratham pada tingkat
satu pengenalan bilangan, manakah hal berikut yang benar untuk dilakukan oleh
siswa:
A Siswa menjawab soal bilangan dengan
mendemonstrasikan ke guru.
B Siswa menulis jawaban soal di kertas.
C Siswa menjawab soal, siswa diminta menunjuk dan
menyebut bilangannya.
D Siswa menjawab soal dengan alat bantu.
18 dari 20 soal
Tugas pertama saat guru melakukan asesment numerasi dengan
adaptasi EGMA adalah:
A Pengenalan Bilangan < 100
B Nilai Tempat
C Menghitung benda konkret hingga 10
D Membandingkan dua bilangan
19 dari 20 soal
Tujuan utama melakukan asesmen awal kemampuan numerasi dasar
siswa adalah…
A Pilihan b dan c benar.
B Membantu guru memetakan apa saja yang telah dan
belum siswa pahami terkait kemampuan numerasi dasar.
C Menilai hasil belajar siswa
D Memudahkan guru menyiapkan kegiatan pembelajaran
yang sesuai kebutuhan belajar siswa
20 dari 20 soal
Manakah pernyataan berikut yang sesuai untuk mengetahui
tingkat kemampuan siswa dalam asesmen numerasi ini:
A Siswa dapat memilih tingkat dan jenis soal yang
sesuai.
B Semua siswa harus memulai dari tingkat satu, dan dapat
melanjutkan ke tingkat berikutnya jika telah berhasil pada tingkat satu.
C B dan C Benar
D Siswa dikelompokkan menurut tingkat kemampuannya.
Note : Kunci jawaban yang dipilih adalah yang tercetak tebal.
Demikian artikel tentang Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA untuk Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal di MOOC Pintar Kemenag, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban 3.7 Petunjuk Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi Kelas Awal Adaptasi EGMA - Pelatihan Numerasi : Asesmen Numerasi Kelas Awal | Pintar Kemenag"
Posting Komentar