Kunci Jawaban Modul 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag

 Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama

Kunci Jawaban Modul 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.

Informasi Umum

Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.

Materi Pelatihan

Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari beberapa topik penting, di antaranya:

1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas

2. Pengayaan Konsep PTK

3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK

4. Perancangan PTK

5. Pengayaan dalam Merancang PTK

6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK

7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK

8. Penyusunan Laporan Hasil PTK

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi:

1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama

2. Semua pangkat dan golongan ruang

3. Semua jenis kelamin

4. Semua tingkat pendidikan

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.

Kunci Jawaban Modul 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag

Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!


1. Pada saat penetuan latar belakang masalah, hal yang harus dikemukakan adalah ....

A. Penentu masalah
B. Alasan masalah
C. Data tidak tepat
D. Faktor penunjang masalah
E. Pendukung masalah

Jawaban: B

 

2. Jika ada kompetensi guru yang harus ditingkat, maka solusi yang tepat untuk penentuan judul PTK adalah

A. Penentuan mata pelajaran/tema
B. Penentuan waktu penelitian
C. Penentuan siklus ! dan siklus 2
D. Penentuan model/metode
E. Penentuan topik/materi/submateri

Jawaban: E

 

3. Penyusunan latar belakang yang tepat, maka yang tidak perlu didukung oleh hal-hal berikut, adalah...

A. Bukti
B. Kasus
C. Laporan kajian
D. Hasil penelitian
E. Data

Jawaban: B

 

4. Landasan teori adalah mengumpulkan hasil pemikiran secara teoritis yang memiliki hubungan yang erat dengan teori yang diangkat dalam kepentingan mengumpulkan, mengolah data dan membantu dalam proses analisis demi mengetahui sesuatu yang hendak diteliti. Jadi dala hal teori, sekurang-kurangnnya berisi..

A. Kehebatan dan kelemahan melakukan siklus PTK pembelajaran yang baru dengan yang lama

B. Perbedaan dan persamaan antara cara melaksanakan Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan

C. Persamaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan

D. Perbedaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan

E. Perbedaan dan persamaan antara Tindakan yang akan dilakukan dalam PTK dengan Tindakan yang selama ini dilakukan

Jawaban: E

 

5. Seminar PTK guru minimal dihadiri 15 orang dari 3 madrasah yang berbeda. Berikut yang bukan termasuk persyaratan yang diajukan sebagai kelengkapan seminar untuk kenaikan pangkat guru adalah ..

A. Berita acara seminar dan undangan
B. SK panitia seminar dan akomodasi/konsumsi
C. Berita acara seminar dan notula kegiatan seminar
D. Bahan seminar dan daftar hadir peserta seminar
E. Bahan seminar dan notula kegiatan seminar

Jawaban: B

 

6. Ketika membuat judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumus PTK yang tepat adalah

A. 4W2H
B. 5WOH
C. 4W1H
D. 5W2H
E. 5W1H

Jawaban: E

 

7. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan siklus Tindakan adalah

A. Memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki materi/submateri dengan pertemuan minimal 4 kali

B. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 2x pertemuan

C. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 4x pertemuan

D. Menentukan Tindakan yang tepat untuk setiap siklus dan setiap siklus minimal 1x pertemuan

E. Memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki materi/submateri dengan pertemuan minimal 2 kali

Jawaban: A

 

8. Rumusan masalah berikut yang paling tepat adalah

A. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten tahun 2021/2022?

B. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 tahun 2021/2022?

C. Apakah dengan meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten tahun 2021/2022?

D. Apakah dengan model STAD dapat meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 Serang Banten?

E. Apakah dengan meningkatkan keterampilan praktikum kecepatan reaksi mapel kimia bagi siswa kelas IX MAN 2 tahun 2021/20222

Jawaban: A

 

9. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat hasil PTK guru bagi

A. Madrasah
B. Pengawas
C. Siswa
D. Pemerintah daerah
E. Guru

Jawaban: D

 

10. Data yang tidak diperlukan dalam pengumpulan sumber data PTK adalah

A. Aktivitas guru dalam pembelajaran
B. Tes hasil belajar
C. Aktivitas siswa dalam bertanya
D. Aktivitas siswa dalam pembelajaran
E. Aktivitas siswa dalam berdiskusi

Jawaban: E


Demikian informasi Kunci Jawaban Modul 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag"