Kunci Jawaban Modul 3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK - Pintar Kemenag
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.
Informasi Umum
Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.
Materi Pelatihan
Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari beberapa topik penting, di antaranya:
1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas
2. Pengayaan Konsep PTK
3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK
4. Perancangan PTK
5. Pengayaan dalam Merancang PTK
6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK
7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK
8. Penyusunan Laporan Hasil PTK
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi:
1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama
2. Semua pangkat dan golongan ruang
3. Semua jenis kelamin
4. Semua tingkat pendidikan
Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.
Kunci Jawaban Modul 3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK – Pintar Kemenag
Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!
1 dari 10 soal
Hasil analisis Data penelitian Penelitian Tindakan Kelas
dapat disajikan sebagai berikut, kecuali:
A Bentuk tabel, bentuk grafik dan diagram
B Bentuk lisan, bentuk tabel, dan diagram
C Bentuk tulisan, bentuk grafik dan diagram
D Bentuk tulisan, bentuk tabel, bentuk grafik
2 dari 10 soal
Grafik yang dapat digunakan untuk mengadakan perbandingan
beberapa variable dalam waktu dan tempat yang sama atau satu variable dalam
waktu dan tempat yang berbeda dinamakan...
A Poligon frekuensi
B Diagram lingkaran
C Grafik Batang
D Histogram
3 dari 10 soal
Berdasarkan Diagram di atas, data hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
A Rata-rata peningkatan nilai siswa sebesar 25
B Rata-rata nilai siklus 2 (S-2) besar
C Rata-rata peningatan nilai siswa sebesar 36
D Rata-rata nilai siklus 1 (S-1) sebesar
4 dari 10 soal
Teknis Analisis data kuantitatif dalam Penelitian Tindakan
Kelas dapat dilakukan dengan menggunakan cara ...
A modus, median, rerata, dan prosentase
B modus, median, rerata, dan kuartil
C median, rerata, prosentase, korelasi
D rerata, prosentase modus, deskripsi
5 dari 10 soal
Penarikan penyimpulan hasil Penelitian Tindakan Kelas dapat
dilakukan berdasarkan hal berikut, kecuali:
A Interpretasi data hasil penelitian dan hasil
seminar penelitian
B Hipotesis tindakan dan Analisis data hasil penelitian
C Analisis data hasil penelitian dan Interpretasi data hasil
penelitian
D Hipotesis tindakan dan Interpretasi data hasil penelitian
6 dari 10 soal
Proses mengelompokan, melihat keterkaitan, membuat
perbandingan, persamaan, perbedaan data dan membuat model data sehingga
menemukan informasi yang bermanfaat yang dapat memberikan petunjuk untuk
mengambil keputusan terhadap sebuah penelitian merupakan pengertian...
A Analisis data hasil penelitian
B Interpretasi data hasil penelitian
C Teknik pengolahan data hasil penelitian
D Sintesis data hasil penelitian
7 dari 10 soal
Berdasarkan jenis data, Data hasil PTK dapat diolah dengan
menggunakan dua teknik yaitu:
A Teknik pengolahan Data kuantitatif dan narasi kualitatif
B Teknik pengolahan Data Deskriptif dan kuantitatif
C Teknik pengolahan Data kualitatif dan Deskriptif
D Teknik pengolahan Data kualitatif dan kuantitatif
8 dari 10 soal
Dalam penyajian data bentuk tabel hasil Penelitian Tindakan
Kelas, Perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali:
A Catatan Pendahuluan, Badan tabel, sumber tabel
B Judul tabel, Catatn Pendahuluan, catatan kaki dan sumber
tabel
C Nomor Tabel. Catatan Pendahuluan, Badan tabel, catatan
kaki
D Bentuk tabel, Catatan data, Isi tabel, catatan
penelitian
9 dari 10 soal
Bersadarkan gambar di atas, pernyataan yang benar adalah:
A Pengolahan data hasil wawancara dari 4 orang responden
dengan 6 komponen dan 14 butir panduan wawancara.
B Pengolahan data hasil wawancara dari 6 orang
responden dengan 4 komponen dan 14 butir panduan wawancara.
C Pengolahan data hasil wawancara dari 4 orang responden
dengan 14 komponen dan 6 butir panduan wawancara.
D Pengolahan data hasil wawancara dari 6 orang responden
dengan 14 komponen dan 4 butir panduan wawancara.
10 dari 10 soal
Pernyataan berikut ini yang merupakan pengertian teknik
pengolahan data adalah
A suatu metode atau cara untuk konversi data menjadi
bentuk yang dapat digunakan dan diinginkan
B Menganalisis data sesuai dengan skala prioritas kebutuhan
peneliti
C Mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan
instrumen
D Menggunakan urutan operasi yang telah ditentukan secara
manual
Demikian informasi tentang Kunci Jawaban Modul 3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK - Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK - Pintar Kemenag"
Posting Komentar