Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mudah Memisahkan File PDF Melalui HP Android

Berikut ini saya sharing tips cara memisahkan halaman file PDF di hp android atau smartphone atau tablet. Adapun aplikasi yang saya rekomendasikan untuk sahabat blog ruslanwahid adalah Xodo Docs atau xodo PDF Reader  yang bisa kita download dan gunakan secara gratis di play store. 

Aplikasi ini dapat digunakan secara offline tanpa menghabiskan kouta berbeda secara online tentu anda akan duduk depan PC. Namun dengan aplikasi ini sangat memudahkan anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat hanya dengan hp android di genggaman tangan, sambil duduk ngobrol anda bisa mengoperasikannya. 

Xodo docs berfungsi untuk menggabungkan file pdf terpisah maupun sebaliknya yaitu memisahkan halaman pada file pdf selain itu juga bisa untuk mengunci file PDF.

Jadi aplikasi Xodo Docs atau pdf reader ini memang mempunyai banyak fitur unggulan dan merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya coba. 

Lalu bagaimana caranya memisah halaman pdf di Android, dan berikut langkah-langkahnya sebagimana saya kutip dari laman lindawati.com.

Cara Memisahkan File PDF Dengan Android Dengan Aplikasi Xodo Docs 

Pertama-tama install dulu aplikasinya dari Google Play Store. Setelah diinstal jalankan aplikasinya. 

Jika sudah terbuka aplikasinya, kemudian cari file pdf yang akan kita pisahkan.


Setelah dokumen terbuka, pilih tanda tiga titik dipojok kanan atas. 


Kemudian pilih Edit Page. 

Pilih lagi – Rearrange/Export (lihat gambar dibawah) 

Pilih halaman mana saja yang ingin kita ambil, misal dalam dokumen pdf tersebut ada 25 halaman kemudian kita ingin pisahkan (ambil) halaman 1, 3, 5 dan 20-25 saja maka tap semua page/halaman tersebut lalu Export. 


Terakhir pilih lokasi penyimpanan lalu Select. 

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan maka, kita sudah berhasil memecah atau memisahkan halaman pada file pdf di HP Android. Untuk melihat hasilnya silahkan pilih lagi menu utama aplikasi Xodo Docs karena semua file pdf yang ada di HP akan muncul disana. 

Nah seperti itulah cara mudah untuk memisahkan file PDF dengan Android, baik lewat HP maupun tablet. 

Mudah, cepat dan efisien itulah kesan pertama saya menggunakan aplikasi Xodo PDF reader, karena aplikasi ini multifungsi bukan hanya bisa untuk membuka dokumen pdf tetapi bisa juga untuk mengedit seperti menambahkan catatan, mengunci dengan password, menggabungkan, mengubah dari jpg ke pdf, dan tentu saja split atau memisahkan file pdf langsung dari hp Android.

Selamat mencoba dan jika sahabat punya saran terutama aplikasi lain yang lebih bagus, silahkan sampaikan saran melalui kotak komentar. Demikian semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Mudah Memisahkan File PDF Melalui HP Android "