Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal : 4.29 Teknik Coaching dan Mentoring│Pelatihan IKM di Pintar Kemenag

Jawaban Soal 4.29 Teknik Coaching dan Mentoring

Halo pembaca setia, dalam posting blog kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban soal nomor 4. 29 mengenai teknik coaching dan mentoring dalam pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Pintar Kemenag. Pelatihan IKM telah menjadi salah satu topik yang menarik bagi para pendidik di Indonesia, karena kurikulum ini dirancang untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.

Teknik coaching dan mentoring merupakan metode yang efektif dalam membantu pendidik memahami dan menerapkan kurikulum merdeka dengan baik. Dalam soal nomor 4. 29 ini, kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar teknik-teknik coaching dan mentoring yang dapat diterapkan dalam pelatihan IKM di Pintar Kemenag.

Sebelum kita masuk ke dalam kunci jawaban soal, mari kita bahas sedikit tentang pentingnya pelatihan IKM dalam konteks pendidikan di Indonesia. Kurikulum merdeka ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan memberikan kebebasan kepada guru dalam menyusun materi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa.

Namun, banyak pendidik masih belum memiliki pemahaman yang cukup tentang kurikulum ini, dan itulah mengapa pelatihan IKM sangatlah penting. Pelatihan ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang filosofi dan tujuan kurikulum merdeka, tetapi juga memberikan panduan praktis dalam mengimplementasikannya di dalam kelas.

Sekarang, mari kita masuk ke dalam kunci jawaban soal nomor 4. 29. Pertanyaan ini berfokus pada teknik coaching dan mentoring yang dapat digunakan dalam pelatihan IKM di Pintar Kemenag. Teknik coaching melibatkan pendekatan personal dan individu, di mana seorang pendidik yang berpengalaman akan membimbing dan memberikan masukan kepada pendidik yang sedang belajar.

Dalam pelatihan IKM, teknik coaching bisa melibatkan pendidik yang telah sukses dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai mentor bagi pendidik lainnya. Mentor ini akan memberikan pedoman dan dukungan kepada pendidik yang sedang belajar, untuk membantu mereka memahami dan menerapkan kurikulum merdeka dengan baik.

Selain teknik coaching, soal ini juga menyinggung tentang teknik mentoring. Teknik mentoring melibatkan pendekatan yang lebih formal, di mana seorang mentor yang memiliki kepakaran dalam kurikulum merdeka akan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada pendidik. Mentor ini dapat memberikan penjelasan lebih mendalam tentang konsep-konsep dalam kurikulum merdeka, serta memberikan contoh-contoh implementasi yang sukses.

Dalam pelatihan IKM di Pintar Kemenag, teknik mentoring dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pelatihan daring atau tatap muka. Penting bagi pendidik yang mengikuti pelatihan ini untuk berinteraksi langsung dengan mentor, agar mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kurikulum merdeka.

Melalui penggunaan teknik coaching dan mentoring, pelatihan IKM di Pintar Kemenag akan menjadi lebih interaktif dan efektif. Pendidik akan mendapatkan dukungan dan panduan langsung dari mereka yang telah berhasil mengimplementasikan kurikulum merdeka, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam menerapkannya di dalam kelas.

Kunci Jawaban Soal : 4. 29 Teknik Coaching dan Mentoring

1 dari 10 soal

"Nah, kalau demikian adakah gagasan apa untuk pemecahan masalah yang anda hadapi? Coba anda sampaikan." Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...

A. Tujuan

B. Rencana Aksi

c. Identifikasi

D. Tanggung Jawab

 

2 dari 10 soal

Salah satu kata kunci yang bisa kita ambil dari definisi coaching adalah...

A. pengembangan karir

B. knowledge sharing

C. pendampingan

D. optimalisasi potensi

 

3 dari 10 soal

Pak Dudung: Ok, Bu Dian...dari beberapa hal yang sudah kamu utarakan, bisa Ibu sampaikan dalam dua atau tiga kalimat kesimpulan?""

Bu Dian: "Hari ini saya sudah dapat beberapa solusi, untuk bisa mengaturulang jadwal saya. Saya akan meminta dukungan kepala madrasah untuk bisa memberikan jadwal yang lebih fleksibel." Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...

A. Tanggung Jawab

B. Identifikasi

C. Rencana Aksi

D. Tujuan

 

4 dari 10 soal

Pak Ahmad merupakan seorang pengawas yang handal. Pada sebuah pelatihan ia diminta untuk mendampingi beberapa orang guru yang akan mengikuti pelatihan fungsional calon pengawas madrasah selama 3 (tiga) bulan pelatihan. Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah:

A. Trainer

B. Konselor

C. Coach

D. Mentor

 

5 dari 10 soal

"Baik Bu Nanan dari beberapa alternatif yang sudah ibu sampaikan tadi, apa tindaklanjut yang ibu dilakukan setelah sesi ini dan

berapa lama target waktunya?"

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap....

A. Tanggung Jawab

B. Rencana Aksi

C. Tujuan

D. Identifikasi

 

6 dari 10 soal

Salah satu perbedaan dari coach dan mentor dalam melaksanakan perannya adalah sebagai berikut, kecuali:

A. Durasi pertemuannya

B. Kepakarannya

C. Status jabatannya

D. Pola komunikasinya

 

7 dari 10 soal

"Dalam pelaksanaan rencana aksi ini, siapa saja yang anda anggap bisa membantu anda mewujudkannya? Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...

A. Tanggung Jawab

B. Identifikasi

C. Tujuan

D. Rencana Aksi

 

8 dari 10 soal

"Nah, jadi kalau anda merasakan ada hal-hal yang belum optimal dalam manajemen waktu sebagai guru, kalau boleh tahu apa yang mempengaruhi hal itu?"

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap....

A. Tujuan

B. Rencana Aksi

C. Tanggung jawab

D. Identifikasi

 

9 dari 10 soal

"Hari ini kita akan diskusi sekitar 30 menit ya, Nah untuk itu saya ingin memastikan apa yang ingin Bapak diskusikan dengan saya?"

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...

A. Identifikasi

B. Tanggung Jawab

C. Rencana Aksi

D. Tujuan

 

10 dari 10 soal

Salah satu prinsip dalam coaching adalah mampu memaksimalkan potensi coachee, maka upaya seorang coach adalah:

A. Mengawal kegiatan coachee hingga masalah yang dihadapi dapat terselesaikan.

B. Membimbing coachee untuk menemukan jati dirinya.

C. Mengajukan ide-ide segar dan kreatif pada coachee.

D. Melakukan percakapan untuk menggali ide coachee.

 

*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Baiklah, itu dia kunci jawaban soal nomor 4. 29 mengenai teknik coaching dan mentoring dalam pelatihan IKM di Pintar Kemenag. Semoga jawaban ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya teknik coaching dan mentoring dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Jangan lewatkan posting blog kami selanjutnya yang akan membahas topik menarik lainnya seputar pendidikan di Indonesia. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa!  

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal : 4.29 Teknik Coaching dan Mentoring│Pelatihan IKM di Pintar Kemenag"