Kunci Jawaban Soal Modul 3.2 Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022 I Pintar Kemenag

Jawaban Soal Modul 3.2 Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022

Pelatihan literasi adalah salah satu upaya penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu program pelatihan literasi yang sangat penting adalah Pelatihan Literasi: Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman siswa melalui pembelajaran terdiferensiasi.

Salah satu program pelatihan literasi yang sukses adalah program Pintar Kemenag. Program ini merupakan inisiatif dari Kementerian Agama untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan agama di kalangan masyarakat. Melalui program ini, peserta akan dibekali dengan keterampilan membaca dekoding dan pemahaman yang akan membantu mereka dalam memahami teks-teks agama dengan lebih baik.

Selain itu, program pelatihan literasi juga dapat diakses secara online melalui platform MOOC Pintar. MOOC Pintar adalah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai kursus literasi yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Dengan adanya platform ini, peserta pelatihan literasi dapat belajar secara mandiri dan meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman mereka.

Pembelajaran terdiferensiasi dengan keterampilan membaca dekoding dan pemahaman merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan literasi siswa. Dengan pembelajaran terdiferensiasi, guru dapat memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Hal ini akan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca dan pemahaman mereka secara lebih efektif.

Pada Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman ini peserta akan mempelajari :

A. Literasi dalam Kurikulum Merdeka

1. Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

2. Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022

3. Ragam Kegiatan Membaca 


B. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

1. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Penguasaan Huruf

2. Bahan Bacaan untuk Kelompok Penguasaan Huruf

3. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Suku Kata

4. Bahan Bacaan untuk Kelompok Suku Kata

5. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Kata

6. Bahan Bacaan untuk Kelompok Kata

7. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Membaca Lancar

8. Bahan Bacaan untuk Kelompok Membaca Lancar


C. Keterampilan Membaca Pemahaman

1. Cara Mengenali Kemampuan Peserta Didik Memahami Bacaan

2. Keterampilan Menyimak

3. Pemahaman Literal dan Inferensial


D. Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan

1. Membaca Bersama dengan Fokus Pemahaman

2. Mengurutkan Peristiwa dengan Gambar Berseri

3. Mengisi Peta Cerita untuk Menanggapi Bacaan


Kompetensi yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan : 

- Pemahaman literasi dalam Kurikulum Merdeka

- Penerapan ragam kegiatan membaca untuk meningkatkan pemahaman

- Penerapan kegiatan berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan membaca


Kunci Jawaban Soal 3.2 Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022

1. Aden sudah fasih dalam membaca kata dan memahami makna kata. Aden pun sudah memahami bahwa kalimat terdiri dari serangkaian kata memiliki struktur. Maka, pada kegiatan membaca, Aden dapat masuk ke dalam kelompok...

[A] Penguasaan huruf

[B] Suku kata

[C] Kata

[D] Membaca lancar

Jawaban: D.


2. Selama kegiatan terdiferensiasi, sebaiknya ibu dan bapak guru menggunakan kata yang sering dijumpai oleh peserta didik, misalnya kata dari buku cerita yang sedang digunakan.

Pernyataan di atas adalah...

[A] Benar

[B] Salah

Jawaban: A.


3. Dalam kegiatan terdiferensiasi pada kelompok kata, pendidik hanya dapat menggunakan satu jenis kegiatan saja.

Pernyataan di atas adalah...

[A] Benar

[B] Salah

Jawaban: B.


4. Variasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam kelompok penguasaan huruf adalah...

[A] Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, b, k dan m

[B] Mengenali huruf dari kata-kata yang menantang

[C] Menghitung jumlah huruf dengan bertepuk tangan

[D] Mengenali suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna

Jawaban: A.


5. Berikut ini adalah pernyataan yang tidak tepat dari kompetensi literasi pada aspek pembelajaran dan asesmen literasi dari guru tahap cakap, yaitu?

A. Guru sudah dapat mengintegrasikan strategi yang dirancangnya secara eksplisit sesuai dengan materi ajar

B. Guru dapat melakukan penanganan khusus terhadap peserta didik sesuai profil kemampuan baca dan tulisnya

C. Guru mulai melakukan pemetaan kemampuan membaca dan menulis

D. Guru mengembangkan rancangan dan melaksanakan asesmen untuk meningkatkan kecakapan literasi peserta didik secara berkala

Jawaban: C


6. Kita tidak perlu menyusun jadwal khusus untuk murid untuk kegiatan membaca dan mengeksplorasi buku bacaan fiksi dan nonfiksi untuk meningkatkan kemampuan literasinya.

Semua murid dapat belajar tanpa waktu yang ditentukan. Pernyataan di atas adalah?

A. Benar

B. Salah

Jawaban: B


7. Satu hal yang saya akan lakukan untuk meningkatkan pembelajaran literasi di kelas saya adalah?

Jawaban: Mengembangkan rancangan dan melaksanakan asesmen secara berkala


Dengan demikian, Pelatihan Literasi: Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman merupakan program yang sangat penting dalam meningkatkan literasi siswa di Indonesia. Melalui program ini, diharapkan keterampilan membaca dan pemahaman siswa dapat meningkat secara signifikan, sehingga mereka dapat menjadi individu yang lebih cerdas dan berpengetahuan luas.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Modul 3.2 Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022 I Pintar Kemenag"