Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran | Pintar Kemenag
Berikut Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran di pelatihan MOOC Pintar Kemeang RI.
Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran - Pintar Kemenag
Latihan terdiri dari 10 Soal Pilihan Ganda, Soal tersusun
secara acak, jadi harap lebih teliti!
1. Contoh kalimat yang tidak efektif adalah….
A Pimpinan perusahaan akan membicarakan bonus harian yang
akan diterima para karyawannya
B Mengumumkan bahwa hasil ujian akan diterima dua minggu ke
depan
C Pelajar di sekolah mengharapkan bantuan kuota internet dan
prasarana belajar daring yang memadai
D Observasi klinis ini memformulasikan berbagai macam
kemungkinan penyebab kemunculan suara mirip terompet di langit kota Bandung
tiga hari lalu
Jawaban : B
2. Dalam karya tulis ilmiah, seorang penulis sebaiknya
menggunakan kalimat yang benar,
jelas, mudah dipahami oleh orang lain
secara tepat dan memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan
pada pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang terdapat pada pikiran
penulis atau pembicara., disebut….
A kalimat rancu
B kalimat efektif
C kalimat ilmiah
D kalimat tesis
Jawaban : B
3. Kelogisan dalam kalimat yang digunakan dalam karya tulis
ilmiah adalah ide kalimat itu dapat
diterima oleh akal dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Kelogisan berhubungan
dengan penalaran, yaitu proses berpikir untuk menghubung-hubungkan fakta yang
ada sehingga sampai pada suatu simpulan. Berikut ini contoh kalimat yang logis
….
A Pada 17 Agustus 2019 bangsa Indonesa merayakan Hari Ulang
Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik
Indonesia.
B Para petani yang sudah menggarap sawah sehingga menjadi
besar
C Kampus Indonesia lulusannya mudah bekerja dan berkualitas
D Peneliti terkenal yang kemarin baru saja memenangkan lomba
karya tulis ilmiah
Jawaban : A
4. Salah satu ciri kalimat efektif adalah kehematan. Di
bawah ini contoh kalimat yang hemat adalah….
A Para ibu-ibu menghadiri seminar tentang kanker payudara di
ruang serba guna
B Waktu tempuh yang digunakan hanya selama 45 menit untuk
sampai ke daerah itu.
C Banyak orang-orang yang tidak hadir pada pertemuan yang
menghadirkan beberapa tokoh-tokoh terkemuka.
D Beberapa soal-soal dikerjakan dengan tepat waktu oleh
peserta pelatihan.
Jawaban : B
5. (1) Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi
menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. (2) Teori “Tektonik
Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan
batuan. (3) Sebagian besar daerah-daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan
mengapung di lapisan, seperti halnya salju. (4) Lapisan ini bergerak sangat
perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya.
Kalimat yang tidak hemat terdapat pada nomor…
A (3)
B (4)
C (1)
Jawaban : A
6. Siswa yang rajin, masih dapat dijumpai di mana-mana, baik
itu dalam kota, pinggir kota, maupun desa. Siswa yang berprestasi pun juga
cukup banyak dijumpai. Tak sedikit dari mereka, juga memperhatikan lingkungan
sekitar. Tampaknya, masa depan generasi penerus bangsa, masih bisa
diharapkan. Paragraf di atas merupakan
contoh ….
A induktif
B deduktif
C induktif-deduktif
- Kunci Jawaban 3.15 Monitoring, Evaluasi, dan Sistem Penjaminan Mutu Madrasah Inklusif - Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.13 Pengelolaan dan Pengembangan Pendidikan Inklusif pada Madrasah - Bagian 5 – Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.8 ldentifikasi, Asesmen, dan Profil Peserta Didik Berkebutuhan Khusus - Bagian 3- Pintar Kemenag
D deduktif-induktif
Jawaban : A
7. (1) Implementasi dari teori ini adalah membiarkan
masyarakat miskin bergelut dengan kemiskinannya tanpa bantuan apa pun,
sementara sumber daya pembangunan dialokasikan kepada masyarakat yang masih
bisa ditingkatkan produktivitasnya. (2) Dengan cara mengeliminasi para
penduduk-penduduk miskin secara ekonomi, dalam waktu yang singkat penduduk
miskin akan menemui ajalnya. (3) Penduduk
yang tersisa adalah penduduk yang tingkat hidupnya sudah jauh lebih
baik.(4) Bagi bangsa Indonesia, cara
seperti ini jelas bukan pilihan karena tindakan atau strategi ini bertentangan
dengan filsafat bangsa Indonesia.
Kalimat yang tidak efektif adalah ….
A (4)
B (1)
C (2)
D (3)
Jawaban : C
8. (1) Sebaliknya, kecenderungannya justru semakin memburuk.
(2) Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan
dibandingkan tahun sebelumnya. (3)
Diperburuk lagi dengan rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan.
(4) Kebakaran hutan masih terus terjadi dan penebangan liar semakin meningkat.
(5) Keadaan tersebut jelas menambah suram nasib hutan. Susunan kalimat pada paragraf yang benar
adalah….
A (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
B (2)-(1)-(4)-(3)-(5)
C (2)-(1)-(3)-(5)-(4)
D (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
Jawaban : B
9. Karya tulis ilmiah sebaiknya disusun dengan menggunakan
kalimat yang tidak ambigu atau bermakna ganda agar pembaca tidak punya tafsiran
ganda terhadap sebuah penyataan. Di bawah ini merupakan contoh kalimat yang
tidak ambigu …
A Sumbangan keempat desa sudah sampai kepada para pengungsi
B Lukisan itu akan saya beli karena indah.
C Mahasiswa perguruan tinggi yang terkenal itu menerima
beasiswa
D Pembacaan hasil penelitian baru dilaksanakan pada hari
minggu
Jawaban : A
10. Contoh kalimat yang efektif ….
A Hal yang harus diperhatikan soal sampah adalah cara
membuang, memilah, dan pengolahannya.
B Sutradara mengatakan kepada para aktor bahwa mereka harus
banyak tidur, mereka tidak boleh makan terlalu banyak, dan mereka harus
melakukan beberapa latihan vokal sebelum pertunjukan
C Hal yang harus diperhatikan soal sampah adalah cara
membuang, memilah, dan mengolahnya
D Kegiatan kerja bakti di kampung dimulai dengan
membersihkan sampah di aliran selokan, membabat semak-semak yang berpotensi
menjadi sarang nyamuk dan dibuang di tempat yang tepat
Jawaban : C
Update Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran
Demikian Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada
KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice
Pembelajaran, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran | Pintar Kemenag"
Posting Komentar