Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran | Pintar Kemenag

Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran

Berikut Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran di pelatihan MOOC Pintar Kemeang RI.

Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran - Pintar Kemenag

Latihan terdiri dari 10 Soal Pilihan Ganda, Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!

1. Contoh kalimat yang tidak efektif adalah…. 

A Pimpinan perusahaan akan membicarakan bonus harian yang akan diterima para karyawannya

B Mengumumkan bahwa hasil ujian akan diterima dua minggu ke depan

C Pelajar di sekolah mengharapkan bantuan kuota internet dan prasarana belajar daring yang memadai

D Observasi klinis ini memformulasikan berbagai macam kemungkinan penyebab kemunculan suara mirip terompet di langit kota Bandung tiga hari lalu

Jawaban : B 

 

2. Dalam karya tulis ilmiah, seorang penulis sebaiknya menggunakan kalimat   yang benar, jelas,  mudah dipahami oleh orang lain secara tepat dan memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca seperti apa yang terdapat pada pikiran penulis atau pembicara., disebut…. 

A kalimat rancu

B kalimat efektif

C kalimat ilmiah

D kalimat tesis

Jawaban : B 

 

3. Kelogisan dalam kalimat yang digunakan dalam karya tulis ilmiah  adalah ide kalimat itu dapat diterima oleh akal dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Kelogisan berhubungan dengan penalaran, yaitu proses berpikir untuk menghubung-hubungkan fakta yang ada sehingga sampai pada suatu simpulan. Berikut ini contoh kalimat yang logis …. 

A Pada 17 Agustus 2019 bangsa Indonesa merayakan Hari Ulang Tahun   ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

B Para petani yang sudah menggarap sawah sehingga menjadi besar

C Kampus Indonesia lulusannya mudah bekerja dan berkualitas

D Peneliti terkenal yang kemarin baru saja memenangkan lomba karya tulis ilmiah

Jawaban : A 

 

4. Salah satu ciri kalimat efektif adalah kehematan. Di bawah ini contoh kalimat yang hemat adalah…. 

A Para ibu-ibu menghadiri seminar tentang kanker payudara di ruang serba guna

B Waktu tempuh yang digunakan hanya selama 45 menit untuk sampai ke daerah itu.

C Banyak orang-orang yang tidak hadir pada pertemuan yang menghadirkan beberapa tokoh-tokoh terkemuka.

D Beberapa soal-soal dikerjakan dengan tepat waktu oleh peserta pelatihan.

Jawaban : B 

 

5. (1) Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. (2) Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. (3) Sebagian besar daerah-daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. (4) Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya.    

Kalimat yang tidak hemat terdapat pada  nomor… 

A (3)

B (4)

C (1)

Jawaban : A 

 

6. Siswa yang rajin, masih dapat dijumpai di mana-mana, baik itu dalam kota, pinggir kota, maupun desa. Siswa yang berprestasi pun juga cukup banyak dijumpai. Tak sedikit dari mereka, juga memperhatikan lingkungan sekitar. Tampaknya, masa depan generasi penerus bangsa, masih bisa diharapkan.  Paragraf di atas merupakan contoh ….

A induktif

B deduktif

C induktif-deduktif

D deduktif-induktif

Jawaban : A 

 

7. (1) Implementasi dari teori ini adalah membiarkan masyarakat miskin bergelut dengan kemiskinannya tanpa bantuan apa pun, sementara sumber daya pembangunan dialokasikan kepada masyarakat yang masih bisa ditingkatkan produktivitasnya. (2) Dengan cara mengeliminasi para penduduk-penduduk miskin secara ekonomi, dalam waktu yang singkat penduduk miskin akan menemui ajalnya. (3) Penduduk  yang tersisa adalah penduduk yang tingkat hidupnya sudah jauh lebih baik.(4)  Bagi bangsa Indonesia, cara seperti ini jelas bukan pilihan karena tindakan atau strategi ini bertentangan dengan filsafat bangsa Indonesia.  

Kalimat yang tidak efektif adalah ….

A (4)

B (1)

C (2)

D (3)

Jawaban : C 

 

8. (1) Sebaliknya, kecenderungannya justru semakin memburuk. (2) Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.  (3) Diperburuk lagi dengan rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. (4) Kebakaran hutan masih terus terjadi dan penebangan liar semakin meningkat. (5) Keadaan tersebut jelas menambah suram nasib hutan.   Susunan kalimat pada paragraf yang benar adalah….

A (3)-(1)-(2)-(4)-(5)

B (2)-(1)-(4)-(3)-(5)

C (2)-(1)-(3)-(5)-(4)

D (1)-(2)-(3)-(4)-(5)

Jawaban : B 

 

9. Karya tulis ilmiah sebaiknya disusun dengan menggunakan kalimat yang tidak ambigu atau bermakna ganda agar pembaca tidak punya tafsiran ganda terhadap sebuah penyataan. Di bawah ini merupakan contoh kalimat yang tidak ambigu …

A Sumbangan keempat desa sudah sampai kepada para pengungsi

B Lukisan itu akan saya beli karena indah.

C Mahasiswa perguruan tinggi yang terkenal itu menerima beasiswa

D Pembacaan hasil penelitian baru dilaksanakan pada hari minggu

Jawaban : A 

 

10. Contoh kalimat yang efektif ….

A Hal yang harus diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan pengolahannya.

B Sutradara mengatakan kepada para aktor bahwa mereka harus banyak tidur, mereka tidak boleh makan terlalu banyak, dan mereka harus melakukan beberapa latihan vokal sebelum pertunjukan

C Hal yang harus diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan mengolahnya

D Kegiatan kerja bakti di kampung dimulai dengan membersihkan sampah di aliran selokan, membabat semak-semak yang berpotensi menjadi sarang nyamuk dan dibuang di tempat yang tepat

Jawaban : C 

Update  Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran












Demikian Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Soal Modul 3.7 Kaidah Kebahasaan pada KTI (Penalaran dan Paragraf) - Pelatihan Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran | Pintar Kemenag"