Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Lesson Study for Learning Community - Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital – Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital merupakan sebuah inisiatif penting yang diluncurkan oleh Kementerian Agama melalui Pelatihan Mandiri Bersertifikat. Pelatihan ini berbasis pada konsep MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan peserta untuk belajar secara asinkron dan online penuh, tanpa perlu hadir dalam sesi tatap muka atau Zoom. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi peserta, yang dapat mengikuti pelatihan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan mereka, asalkan masih dalam periode pelatihan yang ditetapkan.
Mengapa Lesson Study Penting?
Lesson Study for Learning Community adalah konsep utama yang
akan dipelajari dalam pelatihan ini. Sebagai pendekatan kolaboratif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran, Lesson Study memungkinkan para pendidik
untuk secara bersama-sama merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan proses
pembelajaran di kelas. Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis,
kemampuan untuk secara efektif menerapkan Lesson Study menjadi semakin penting.
Ini bukan hanya tentang memperbaiki metode pengajaran, tetapi juga tentang
membangun komunitas belajar yang kuat di mana guru dan peserta didik dapat
tumbuh dan berkembang bersama.
Dipelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Lesson
Study for Learning Community
- Strategi,
Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study
- Penyusunan Plan dalam Lesson
Study
- Penyusunan
Laporan Lesson Study
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi semua pegawai Kementerian Agama,
baik PNS maupun Non-PNS. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin,
atau latar belakang pendidikan, sehingga siapa saja yang tertarik untuk
meningkatkan keterampilan mereka dalam Lesson Study dapat berpartisipasi. Ini
menunjukkan komitmen Kementerian Agama untuk menyediakan pelatihan yang
inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak yang terkait dengan dunia
pendidikan.
Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Lesson Study for Learning Community
Soal 1
Apa yang menjadi elemen kunci dalam lesson Study for
Learning Community?
A. Pelaksanaan, pengamtan dan evaluasi
B. Leasson Study, komunitas belajar, refleksi
C. RPP, LKS dan penilaian
Jawab : B. Leasson Study, komunitas belajar, refleksi
Soal 2
Apa yang menjadi fokus dalam tahap perencanaan Lesson
Study?
A. Melaksanakan pembelajaran
B. Merefleksi hasil pembelajaran
C. Merencanakan pembelajaran
D. Melakukan pengamatan
Jawab : C. Merencanakan pembelajaran
Soal 3
Apa yang merupakan tujuan utama Lesson Study?
A. Meningkatkan penilaian siswa
B. Meningkatkan jam mengajar guru
C. Meningkatkan kerja sama guru
D. Meningkatkan peralatan kelas
Jawab : C. Meningkatkan kerja sama guru
Soal 4
Bagaimana Lesson Study berkembang di Indonesia?
A. Melalui reformasi Pendidikan
B. Dengan implementasi IMSTEP pada tahun 1998
C. Dimulai dengan konferensi Internasional pada tahun 2012
D. Melalui kerjasama antara guru dan siswa
Jawab : B. Dengan implementasi IMSTEP pada tahun
1998
Soal 5
Bagaimana Lesson Study dapat membantu guru mengindentifikasi
masalah dalam pengajaran mereka?
A. Dengan berkolaborasi dengan rekan guru
B. Dengan mengabaikan masalah
C. Dengan tidak memperhatikan observasi
D. Dengan menjalani pelatihan guru
Jawab : A. Dengan berkolaborasi dengan rekan guru
Soal 6
Apa perbedaan utama antara Lesson Study berbasis MGMP dan Lesson Study berbasis
sekolah (LSBS)?
A. Tempat dan pengamat
B. Guru model dan refleksi
C. Kelompok siswa dan kepala sekolah
D. Peserta dan tujuan akhir.
Jawab : D. Peserta dan tujuan akhir.
Soal 7
Apa yang dimaksud dengan "lesson plan" dalam
konteks Lesson Study?
A. Rencana perjalanan sekolah
B. Daftar belanja untuk pelajaran
C. Evaluasi hasil pelajaran
D. Rencana pengajaran yang dikembangkan oleh guru
Jawab: D. Rencana pengajaran yang dikembangkan oleh
guru
Soal 8
Apa yang dimaksud dengan lesson Study for Learning
Community?
A. Lesson Study dalam pengawasan sekolah
B. Pendekatan Lesson Study untuk guru di sekolah
C. Pendekatan Lesson Study dengan komunitas belajar
D. Lesson Study dalam pengembangan kurikulum
Jawab : C. Pendekatan Lesson Study dengan komunitas
belajar
Soal 9
Apa yang dilakukan guru model dalam tahap kedua Lesson
Study?
A. Melaksanakan pembalajaran sesuai dengan RPP yang telah
disiapkan.
B. Mengevaluasi dan mengamati guru lain dalam
pembelajaran.
C. Mengamati perilaku peserta didik dan rekan-rekan
guru.
D. Memberikan kritikan serta perbaikan untuk pembelajaran
selanjutnya.
Jawab : A. Melaksanakan pembalajaran sesuai dengan RPP
yang telah disiapkan.
Soal 10
Tahapan-tahapan utama dalam Lesson Study yaitu:
A. Do, See dan Plan
B. Plan, See dan Do
C. Plan, Do dan See
D. Do, Plan dan See
Jawab : C. Plan, Do dan See
Demikian artikel tentang Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Lesson Study for
Learning Community. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Lesson Study for Learning Community - Pintar Kemenag"
Posting Komentar