Kunci Jawaban Modul 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia – Pelatihan Pintar Kemenag

Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital

Kunci Jawaban Modul 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia

Selamat datang di Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital, sebuah program sertifikasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pelatihan ini dirancang untuk membantu Anda, para pegawai Kementerian Agama, serta pegawai dari lembaga lain, untuk meningkatkan kompetensi dalam menyusun bahan ajar yang menarik dan efektif dengan memanfaatkan teknologi digital.

Pelatihan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui platform MOOC (Massive Open Online Course) Pintar. Dengan format asinkronus, Anda dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, sesuai dengan jadwal dan kebutuhan Anda, selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan. Tidak ada jadwal Zoom atau tatap muka secara langsung, sehingga Anda dapat belajar secara mandiri dan fleksibel.

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk menyediakan wadah belajar bersama secara daring dan terbuka, sehingga dapat dijangkau oleh peserta di manapun mereka berada, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi para pegawai Kementerian Agama, serta membuka kesempatan bagi pegawai dari lembaga lain untuk ikut serta.

Materi inti yang akan dipelajari dalam pelatihan ini meliputi:

1. Konsep Penyusunan Bahan Ajar, Instruktur: Nur Aini
2. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar, Instruktur: Kasmawati
3. Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS, Modul, Diktat), Instruktur: Kasmawati
4. Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non-Teks (Computer Based Learning), Instruktur: Nur Aini
5. Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran, Instruktur: Wiwin Tubagus
6. Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia, Instruktur: Wiwin Tubagus

Persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini adalah:

1. Peserta terbuka untuk pegawai Kementerian Agama (PNS dan non-PNS) serta pegawai dari lembaga lain.
2. Pangkat/Golongan Ruang: Semua
3. Jenis Kelamin: Semua
4. Pendidikan Umum: Semua

Kami berharap pelatihan ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kompetensi penyusunan bahan ajar berbasis media digital, sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi peserta didik. Kami tunggu partisipasi Anda dalam pelatihan ini!

Kunci Jawaban Modul 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia – Pelatihan Pintar Kemenag

1 dari 10 soal

Apa perbedaan utama antara hypertext dan hypermedia?

[A] Tidak ada perbedaan antara hypertext dan hypermedia

[B] Hypertext tidak mendukung hyperlink, sedangkan hypermedia mendukung

[C] Hypertext hanya berisi teks, sedangkan hypermedia dapat mencakup berbagai jenis media*

[D] Hypertext hanya dapat diakses secara online, sedangkan hypermedia dapat diakses secara offline


2 dari 10 soal

Bagaimana cara mengoptimalkan aksesibilitas dalam bahan ajar hypermedia?

[A] Menambahkan efek visual yang kompleks

[B] Hanya sebagai variasi desain'

[C] Menyediakan teks alternatif untuk media non-teks*

[D] Tidak memperhatikan kebutuhan pengguna berbeda 


3 dari 10 soal

Mengapa penting melakukan uji coba pengguna terhadap bahan ajar hypermedia?

[A] Mengidentifikasi masalah navigasi dan pengalaman pengguna*

[B] Memastikan kualitas visual

[C] Memastikan keamanan data

[D] Hanya untuk menghabiskan waktu


4 dari 10 soal

Bagaimana peran multimedia dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?

[A] Tidak memberikan dampak signifikan

[B] Meningkatkan interaktivitas dan memahamkan konsep*

[C] Menyediakan variasi warna saja

[D] Hanya untuk menambah berat file


5 dari 10 soal

Mengapa desain navigasi yang baik sangat penting dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?

[A] Hanya sebagai hiasan

[B] Memastikan pengguna dapat dengan muda menemukan informasi*

[C] Meningkatkan keindahan tampilan

[D] Membuat tampilan lebih bervariasi


6 dari 10 soal

Apa keuntungan menyematkan asaesmen atau kuis interaktif dalam bahan ajar hypermedia?

[A] Hanya untuk menghibur pengguna

[B] Meningkatkan kreativitas desain

[C] Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi*

[D] Tidak memberikan dampak signifikan 


7 dari 10 soal 

Apa yang dimaksud dengan "hyper" dalam konteks hypermedia?

[A] Jenis tont yang digunakan

[B] Menunjukkan proses perpindahan antar media yang tidak linier*

[C] Hanya sebagai elemen dekoratif

[D] Simbol yang digunakan dalam desain


8 dari 10 soal

Keuntungan utama penggunaan hypermedia dalam pembuatan bahan ajar adalah...

[A] Interaktivitas dan fleksibilitas*

[B] Keterbatasan dalam aksesibilitas

[C] Keterbatasan kreativitas

[D] Penyajian informasi yang linier


9 dari 10 soal

Apa yang dimaksud dengan hypermedia dalam konteks pembuatan bahan ajar?

[A] Media yang memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi*

[B] Media dengan warna-warni yang intens

[C] Media yang hanya dapat diakses secara offline

[D] Media cetak yang menarik perhatian


10 dari 10 soal

Apa yang dimaksud dengan "interaktivitas" dalam konteks hypermedia?

[A] Hanya sebagai efek visual

[B] Kemampuan pengguna untuk berinteraksi dengan konten*

[C] Tidak memiliki pengertian khusus

[D] Hanya sebagai variasi desain


Itulah Kunci Jawaban Modul 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia – Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital  di MOOC Pintar Kemenag, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.6 Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia – Pelatihan Pintar Kemenag"