Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 Untuk MTs Pintar Kemenag
Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Informasi Umum
Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 ini merupakan program yang berlangsung selama lima hari, diselenggarakan secara daring melalui platform Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course). Metode pembelajaran dilakukan secara asinkron dan sepenuhnya online, memungkinkan peserta untuk belajar mandiri tanpa tatap muka atau jadwal pertemuan Zoom. Peserta dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan di mana saja selama periode pelaksanaan.
Kompetensi Teknis Pelatihan
Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman peserta terkait filosofi, kebijakan, dan isi Kurikulum Madrasah KMA 450 Tahun 2024, khususnya pada struktur kurikulum dan kompetensi teknis. Materi pelatihan mencakup:
1. Pemahaman Struktur Kurikulum dan Kebijakan Kurikulum Madrasah.
2. Analisis karakteristik madrasah, penyusunan visi, misi, serta perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran.
3. Evaluasi pengembangan profesional guru serta pendampingan sesuai KMA 450/2024.
Tujuan Pelatihan
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk:
1. Memperkuat kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam menguasai struktur kurikulum KMA 450/2024.
2. Menyamakan persepsi antara guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kapasitas dan mutu layanan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
3. Mendorong penerapan strategi dan metode yang relevan untuk mendukung pembelajaran aktif dan inovatif di madrasah.
Latar Belakang Pelatihan
Pelatihan ini didasari oleh kebutuhan madrasah untuk menerapkan prinsip *Merdeka Belajar*, yang mengedepankan kolaborasi antara guru, kepala madrasah, pengawas, dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan yang memihak pada peserta didik. Madrasah harus mampu mengembangkan program yang berfokus pada kebutuhan unik siswa serta karakteristik dan potensi madrasah.
Selain itu, untuk mempercepat penyebaran informasi kurikulum terbaru, pelatihan ini dirancang dengan metode MOOC agar lebih efisien, memberikan akses mudah kepada madrasah untuk memahami perubahan regulasi kurikulum.
Pembelajaran dan Asesmen
Pelatihan ini juga menitikberatkan pada aspek pembelajaran dan asesmen, termasuk:
1. Perencanaan pembelajaran dan asesmen.
2. Pelaksanaan pembelajaran yang terfokus pada pendekatan diferensiasi.
3. Pelaporan hasil asesmen untuk memonitor perkembangan peserta didik.
Melalui pendekatan ini, peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, sekaligus mengembangkan profesionalisme guru dalam hal inovasi dan kreatifitas dalam kegiatan belajar-mengajar.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA)
Sebagai bagian penting dari kurikulum ini, pelatihan memberikan pemahaman mendalam tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA). Kegiatan ini mencakup:
1. Konsep dasar dan prinsip-prinsip P5RA.
2. Strategi membangun budaya madrasah yang mendukung pelaksanaan projek P5RA.
3. Perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi asesmen dan pelaporan projek.
P5RA bertujuan untuk memperkuat kompetensi pelajar MTs yang tidak hanya beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia tetapi juga menjunjung karakter Rahmatan lil ‘Alamin. Profil pelajar yang diharapkan mencakup nilai-nilai Pancasila dan sikap moderasi dalam beragama.
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi:
1. Guru MTs atau sederajat.
2. PNS dan Non-PNS di bawah Kementerian Agama.
3. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin, atau pendidikan formal.
Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan seluruh tenaga pendidik di MTs dapat berperan aktif dalam mengimplementasikan Kurikulum Madrasah KMA 450/2024 demi peningkatan kualitas pembelajaran yang berfokus pada profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin.
Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 Untuk MTs Pintar Kemenag
1 dari 10 soal
Prinsip fleksibilitas dalam Asesmen Kurikulum Pesantren era
digital adalah...
A. Relevan antara pendidik dengan tuntutan kehidupan
B. Saling berhubungan antara berbagai tingkat dan jenis
pendidikan
C. Ada ruang gerak yang memberikan kebebasan dalam
bertindak
D. Sejauh mana sesuatu yang direncanakan atau diinginkan
dapat terlaksana atau tercapai ajaran
Jawaban: C
2 dari 10 soal
Proses pemberian status atau keputusan atau klasifikasi
terhadap suatu hasil assesmen dan penilaian. Pernyataan di atas merupakan
pengertian dari...
A. assesment
B. evaluasi
C. penilaian
D. pengukuran
Jawaban: B
3 dari 10 soal
Merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi
pencapaian kurikulum sesuai dengan tujuan pendidikan. pernyataan tersebut
merupakan bagian dari...
A. Summing up
B. Checking up
C. Keeping track
D. Finding out
Jawaban: D
4 dari 10 soal
Dalam tujuan asesmen kurikulum terdapat pernyataan melacak
proses penyusunan kurikulum sesuai dengan tujuan pendidikan, pernyataan
tersebut merupakan bagian dari...
A. Summing up
B. Keeping track
C. Finding out
D. Checking up
Jawaban: D
5 dari 10 soal
Sesuatu proses pengumpulan informasi tentang siswa dan kelas
untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional. Juga dapat diartikan
suatu kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun
aturan-aturan tertentu. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari...
A. evaluasi
B. penilaian
C. pengukuran
D. assesment
Jawaban: D
6 dari 10 soal
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan
bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan. Pernyataan di atas
merupakan pengertian dari...
A. Prinsip kurikulum
B. Pengertian kurikulum
C. Evaluasi Kurikulum
D. Fungsi kurikulum
Jawaban: B
7 dari 10 soal
Prinsip kesinambungan dalam Asesmen Kurikulum Pesantren era
digital adalah....
A. Relevan antara pendidik dengan tuntutan kehidupan
B. Sejauh mana sesuatu yang direncanakan atau diinginkan
dapat terlaksana atau tercapai ajaran
C. Saling berhubungan antara berbagai tingkat dan jenis
pendidikan
D. Ada ruang gerak yang memberikan kebebasan dalam
bertindak
Jawaban: B
8 dari 10 soal
Cara lembaga pesantren mengatur pembelajaran muatan
kurikulum, beban Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan monitoring
asesmen kurikulum pesantren era digital ada empat hal, kecuali...
A. Mekanisme Monitoring dan Asesmen Kurikulum Pesantren Era
Digital
B. Prinsip Monitoring dan Asesmen Kurikulum Pesantren Era Digital
C. Aspek yang dievaluasi dalam Kurikulum Pesantren Era
Digital
D. Agenda Monitoring dan Kualifikasi Penilaian dalam
Kurikulum Pesantren Era Digital
Jawaban: D
9 dari 10 soal
Suatu proses pengumpulan informasi tentang rencana, tujuan,
isi, bahan dan cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran di
pesantren dalam konteks era digital yang dilakukan dengan bantuan perangkat
teknologi atau perangkat digital lainnya. Pernyataan di atas merupakan
pengertian dari...
A. Asesmen kurikulum pesantren digital
B. Pengukuran kurikulum pesantren digital
C. Penilaian kurikulum pesantren digital
D. Evaluasi kurikulum pesantren digital
Jawaban: A
10 dari 10 soal
Komponen Asesmen Kurikulum Pesantren Era Digital meliputi
empat hal kecuali :
A. Melaksanakan asesmen kurikulum pesantren era
digital
B. Memilih metode yang tepat dalam asesmen kurikulum
pesantren era digital
C. Merencanakan pengumpulan, analisis, dan pelaporan data
asesmen kurikulum pesantren era digital
D. Merumuskan masalah asesmen kurikulum pesantren era
digital
Jawaban: A
Demikian Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 MTs Pintar Kemenag untuk Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 Untuk MTs Pintar Kemenag"