Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 Untuk MTs Pintar Kemenag

 

Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Kunci Jawaban Modul 3.1 Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah

Informasi Umum

Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 ini merupakan program yang berlangsung selama lima hari, diselenggarakan secara daring melalui platform Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course). Metode pembelajaran dilakukan secara asinkron dan sepenuhnya online, memungkinkan peserta untuk belajar mandiri tanpa tatap muka atau jadwal pertemuan Zoom. Peserta dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan di mana saja selama periode pelaksanaan.

Kompetensi Teknis Pelatihan

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman peserta terkait filosofi, kebijakan, dan isi Kurikulum Madrasah KMA 450 Tahun 2024, khususnya pada struktur kurikulum dan kompetensi teknis. Materi pelatihan mencakup:

1. Pemahaman Struktur Kurikulum dan Kebijakan Kurikulum Madrasah.

2. Analisis karakteristik madrasah, penyusunan visi, misi, serta perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran.

3. Evaluasi pengembangan profesional guru serta pendampingan sesuai KMA 450/2024.

Tujuan Pelatihan

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk:

1. Memperkuat kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam menguasai struktur kurikulum KMA 450/2024.

2. Menyamakan persepsi antara guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kapasitas dan mutu layanan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

3. Mendorong penerapan strategi dan metode yang relevan untuk mendukung pembelajaran aktif dan inovatif di madrasah.

Latar Belakang Pelatihan

Pelatihan ini didasari oleh kebutuhan madrasah untuk menerapkan prinsip *Merdeka Belajar*, yang mengedepankan kolaborasi antara guru, kepala madrasah, pengawas, dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan yang memihak pada peserta didik. Madrasah harus mampu mengembangkan program yang berfokus pada kebutuhan unik siswa serta karakteristik dan potensi madrasah.

Selain itu, untuk mempercepat penyebaran informasi kurikulum terbaru, pelatihan ini dirancang dengan metode MOOC agar lebih efisien, memberikan akses mudah kepada madrasah untuk memahami perubahan regulasi kurikulum.

Pembelajaran dan Asesmen

Pelatihan ini juga menitikberatkan pada aspek pembelajaran dan asesmen, termasuk:

1. Perencanaan pembelajaran dan asesmen.

2. Pelaksanaan pembelajaran yang terfokus pada pendekatan diferensiasi.

3. Pelaporan hasil asesmen untuk memonitor perkembangan peserta didik.

Melalui pendekatan ini, peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, sekaligus mengembangkan profesionalisme guru dalam hal inovasi dan kreatifitas dalam kegiatan belajar-mengajar.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA)

Sebagai bagian penting dari kurikulum ini, pelatihan memberikan pemahaman mendalam tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA). Kegiatan ini mencakup:

1. Konsep dasar dan prinsip-prinsip P5RA.

2. Strategi membangun budaya madrasah yang mendukung pelaksanaan projek P5RA.

3. Perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi asesmen dan pelaporan projek.

P5RA bertujuan untuk memperkuat kompetensi pelajar MTs yang tidak hanya beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia tetapi juga menjunjung karakter Rahmatan lil ‘Alamin. Profil pelajar yang diharapkan mencakup nilai-nilai Pancasila dan sikap moderasi dalam beragama.

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi:

1. Guru MTs atau sederajat.

2. PNS dan Non-PNS di bawah Kementerian Agama.

3. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin, atau pendidikan formal.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan seluruh tenaga pendidik di MTs dapat berperan aktif dalam mengimplementasikan Kurikulum Madrasah KMA 450/2024 demi peningkatan kualitas pembelajaran yang berfokus pada profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin.

Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 Untuk MTs Pintar Kemenag


1 dari 10 soal 

Prinsip fleksibilitas dalam Asesmen Kurikulum Pesantren era digital adalah... 

A. Relevan antara pendidik dengan tuntutan kehidupan 

B. Saling berhubungan antara berbagai tingkat dan jenis pendidikan 

C. Ada ruang gerak yang memberikan kebebasan dalam bertindak 

D. Sejauh mana sesuatu yang direncanakan atau diinginkan dapat terlaksana atau tercapai ajaran 

Jawaban: C 

 

2 dari 10 soal 

Proses pemberian status atau keputusan atau klasifikasi terhadap suatu hasil assesmen dan penilaian. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari... 


A. assesment 
B. evaluasi 
C. penilaian 
D. pengukuran 

Jawaban: B 

 

3 dari 10 soal 

Merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi pencapaian kurikulum sesuai dengan tujuan pendidikan. pernyataan tersebut merupakan bagian dari... 

A. Summing up 
B. Checking up 
C. Keeping track 
D. Finding out 

Jawaban: D 

 

4 dari 10 soal 

Dalam tujuan asesmen kurikulum terdapat pernyataan melacak proses penyusunan kurikulum sesuai dengan tujuan pendidikan, pernyataan tersebut merupakan bagian dari... 

 

A. Summing up 
B. Keeping track 
C. Finding out 
D. Checking up 

Jawaban: D 

 

5 dari 10 soal 

Sesuatu proses pengumpulan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional. Juga dapat diartikan suatu kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari... 

A. evaluasi 
B. penilaian 
C. pengukuran 
D. assesment 

Jawaban: D


6 dari 10 soal 

Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari... 

A. Prinsip kurikulum 
B. Pengertian kurikulum 
C. Evaluasi Kurikulum 
D. Fungsi kurikulum 

Jawaban: B 

 

7 dari 10 soal 

Prinsip kesinambungan dalam Asesmen Kurikulum Pesantren era digital adalah.... 

A. Relevan antara pendidik dengan tuntutan kehidupan 

B. Sejauh mana sesuatu yang direncanakan atau diinginkan dapat terlaksana atau tercapai ajaran 

 

C. Saling berhubungan antara berbagai tingkat dan jenis pendidikan 

D. Ada ruang gerak yang memberikan kebebasan dalam bertindak 

Jawaban: B 

 

8 dari 10 soal 

Cara lembaga pesantren mengatur pembelajaran muatan kurikulum, beban Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan monitoring asesmen kurikulum pesantren era digital ada empat hal, kecuali... 

A. Mekanisme Monitoring dan Asesmen Kurikulum Pesantren Era Digital 


B. Prinsip Monitoring dan Asesmen Kurikulum Pesantren Era Digital 

C. Aspek yang dievaluasi dalam Kurikulum Pesantren Era Digital 

D. Agenda Monitoring dan Kualifikasi Penilaian dalam Kurikulum Pesantren Era Digital 

Jawaban: D 

 

9 dari 10 soal 

Suatu proses pengumpulan informasi tentang rencana, tujuan, isi, bahan dan cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran di pesantren dalam konteks era digital yang dilakukan dengan bantuan perangkat teknologi atau perangkat digital lainnya. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari... 

A. Asesmen kurikulum pesantren digital 
B. Pengukuran kurikulum pesantren digital 
C. Penilaian kurikulum pesantren digital 
D. Evaluasi kurikulum pesantren digital 

Jawaban: A 

 

10 dari 10 soal 

Komponen Asesmen Kurikulum Pesantren Era Digital meliputi empat hal kecuali : 

A. Melaksanakan asesmen kurikulum pesantren era digital 

B. Memilih metode yang tepat dalam asesmen kurikulum pesantren era digital 

C. Merencanakan pengumpulan, analisis, dan pelaporan data asesmen kurikulum pesantren era digital 

D. Merumuskan masalah asesmen kurikulum pesantren era digital 

Jawaban: A

Demikian  Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 MTs Pintar Kemenag untuk Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2 Untuk MTs Pintar Kemenag"