Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study – Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital – Pintar Kemenag
Mengapa Lesson Study Penting?
Lesson Study for Learning Community adalah konsep utama yang
akan dipelajari dalam pelatihan ini. Sebagai pendekatan kolaboratif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran, Lesson Study memungkinkan para pendidik
untuk secara bersama-sama merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan proses
pembelajaran di kelas. Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis,
kemampuan untuk secara efektif menerapkan Lesson Study menjadi semakin penting.
Ini bukan hanya tentang memperbaiki metode pengajaran, tetapi juga tentang
membangun komunitas belajar yang kuat di mana guru dan peserta didik dapat
tumbuh dan berkembang bersama.
Dipelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Lesson
Study for Learning Community
- Strategi,
Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study
- Penyusunan Plan dalam Lesson
Study
- Penyusunan
Laporan Lesson Study
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi semua pegawai Kementerian Agama,
baik PNS maupun Non-PNS. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin,
atau latar belakang pendidikan, sehingga siapa saja yang tertarik untuk
meningkatkan keterampilan mereka dalam Lesson Study dapat berpartisipasi. Ini
menunjukkan komitmen Kementerian Agama untuk menyediakan pelatihan yang
inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak yang terkait dengan dunia
pendidikan.
Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study – Pintar Kemenag
Soal 1
1. Model Kepala Bernomor (Numbered Heads) adalah model
kooperatif yang...
A. meminta siswa untuk berpikir sendiri, kemudian
berpasangan, dan kemudian berempat untuk membahas jawaban sesuai dengan materai
pelajaran
B. meminta siswa untuk mencari pasangan dengan kartu yang
sama atau saling melengkapi sesuai dengan materi pelajaran
C. meminta siswa untuk diberi nomor dalam kelompoknya dan
menjawab pertanyaan guru sesuai dengan nomor yang dipanggil sesuai dengan
materi pelajaran
D. meminta siswa untuk bertukar pasangan setiap kali selesai
menjawab pertanyaan guru sesuai dengan materi pelajaran
Jawab : C. meminta siswa untuk diberi nomor dalam
kelompoknya dan menjawab pertanyaan guru sesuai dengan nomor yang dipanggil
sesuai dengan materi pelajaran
Soal 2
2. Hubungan antara strategi, metode dan pendekatan
pembelajaran adalah...
A. pendekatan bersumber dari metode, strategi bersumber dari
metode
B. strategi bersumber dari pendekatan, metode bersumber dari
strategi
C. strategi bersumber dari metode, metode bersumber dari
pendekatan
D. pendekatan bersumber dari strategi, metode bersumber dari
pendekatan
Jawab : B. strategi bersumber dari pendekatan, metode
bersumber dari strategi
Soal 3
3. Pendekatan pembelajaran adalah...
A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran
B. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar
pembelajaran secara keseluruhan
C. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan
pembelajaran
D. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran.
Jawab : A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran
Soal 4
4. Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning)
adalah model yang...
A. menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran
dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa dalam proses pembalajaran.
B. menekankan pada kerjasama antara siswa dalam keompok
dalam proses pembelajaran.
C. menekankan pada penggunaan media dan teknologi dalam
proses pembelajaran
D. menekankanpada pengembangan keterampilan berpikir kritis
dan kreatif dalam proses pembelajaran.
Jawab : B. menekankan pada kerjasama antara siswa dalam
keompok dalam proses pembelajaran.
Soal 5
5. Model Pembelajaran adalah ...
A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran
B. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan
pembelajaran
C. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran
D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar
pemebelajaran secara keseluruhan.
- Kunci Jawaban 3.15 Monitoring, Evaluasi, dan Sistem Penjaminan Mutu Madrasah Inklusif - Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.13 Pengelolaan dan Pengembangan Pendidikan Inklusif pada Madrasah - Bagian 5 – Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.8 ldentifikasi, Asesmen, dan Profil Peserta Didik Berkebutuhan Khusus - Bagian 3- Pintar Kemenag
Jawab : D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep
besar pemebelajaran secara keseluruhan.
Soal 6
6. Pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) adalah
pendekatan yang...
A. menekankan pada penggunaan media dan teknologi dalam
proses pembelajaran
B. menekankan pada kerjasama antara siswa dalam kelompok
dalam proses pembelajaran.
C. menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis
dan kreatif dalam proses pembelajaran
D. menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran
dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa dalam proses pembelajaran.
Jawab : D. menekankan pada keterkaitan antara materi
pelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa dalam proses pembelajaran.
Soal 7
7. Strategi pembelajaran adalah...
A. Sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran
B. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan
pembelajaran
C. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran
D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar
pembelajaran secara keseluruhan.
Jawab : B. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai
tujuan pembelajaran
Soal 8
8. Model mencari pasangan (make a match) adalah model
kooperatif yang ...
A. meminta siswa untuk berpikir sendiri, kemudian
berpasangan, dan kemudian berempat untuk membahas jawaban sesuai dengan materi
pelajaran.
B. meminta siswa untuk bertukar pasangan setiap kali selesai
menjawab pertanyaan guru sesuai dengan materi pelajaran.
C. meminta siswa untuk mencari pasangan dengan kartu yang
sama atau saling melengkapi sesuai dengan materi pelajaran.
D. meminta siswa untuk berkirim salam dalam soal kepada
pasangan di seberangnya sesuai dengan materi pelajaran.
Jawab : C. meminta siswa untuk mencari pasangan dengan kartu
yang sama atau saling melengkapi sesuai dengan materi pelajaran.
Soal 9
9. Model Studen Teams Achievement Divion (STAD) adalah model
kooperatif yang...
A. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok heterogen dan
kemudian mengikuti turnamen kelompok sesuai dengan materi pelajaran.
B. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok heterogen dan
kemudian mengikuti turnamen individu sesuai dengan materi pelajaran
C. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok homogen dan
kemudian mengikuti turnamen kelompok sesuai dengan materi pelajaran
D. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok homogen dan
kemudian mengikuti turnamen individu sesuai dengan materi pelajaran
Jawab : B. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok
heterogen dan kemudian mengikuti turnamen individu sesuai dengan materi
pelajaran
Soal 10
10. Media pembelajaran adalah...
A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk
menciptakan lingkungan pembelajaran
B. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran
C. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapao tujuan
pembelajaran
D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar
pembelajaran secara keseluruhan
Jawab : B. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung
proses pembelajaran
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study – Pintar Kemenag"
Posting Komentar