Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study – Pintar Kemenag

Pelatihan Lesson Study di Era Digital – Pintar Kemenag

Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study

Pelatihan Lesson Study di Era Digital merupakan sebuah inisiatif penting yang diluncurkan oleh Kementerian Agama melalui Pelatihan Mandiri Bersertifikat. Pelatihan ini berbasis pada konsep MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan peserta untuk belajar secara asinkron dan online penuh, tanpa perlu hadir dalam sesi tatap muka atau Zoom. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi peserta, yang dapat mengikuti pelatihan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan mereka, asalkan masih dalam periode pelatihan yang ditetapkan.

Mengapa Lesson Study Penting?

Lesson Study for Learning Community adalah konsep utama yang akan dipelajari dalam pelatihan ini. Sebagai pendekatan kolaboratif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, Lesson Study memungkinkan para pendidik untuk secara bersama-sama merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan proses pembelajaran di kelas. Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis, kemampuan untuk secara efektif menerapkan Lesson Study menjadi semakin penting. Ini bukan hanya tentang memperbaiki metode pengajaran, tetapi juga tentang membangun komunitas belajar yang kuat di mana guru dan peserta didik dapat tumbuh dan berkembang bersama.

Dipelatihan ini peserta akan mempelajari : 

  1. Konsep Lesson Study for Learning Community
  2. Strategi, Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study
  3. Penyusunan Plan dalam Lesson Study
  4. Penyusunan Laporan Lesson Study

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi semua pegawai Kementerian Agama, baik PNS maupun Non-PNS. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin, atau latar belakang pendidikan, sehingga siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam Lesson Study dapat berpartisipasi. Ini menunjukkan komitmen Kementerian Agama untuk menyediakan pelatihan yang inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak yang terkait dengan dunia pendidikan.

Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study – Pintar Kemenag

Soal 1

1. Model Kepala Bernomor (Numbered Heads) adalah model kooperatif yang...

A. meminta siswa untuk berpikir sendiri, kemudian berpasangan, dan kemudian berempat untuk membahas jawaban sesuai dengan materai pelajaran

B. meminta siswa untuk mencari pasangan dengan kartu yang sama atau saling melengkapi sesuai dengan materi pelajaran

C. meminta siswa untuk diberi nomor dalam kelompoknya dan menjawab pertanyaan guru sesuai dengan nomor yang dipanggil sesuai dengan materi pelajaran

D. meminta siswa untuk bertukar pasangan setiap kali selesai menjawab pertanyaan guru sesuai dengan materi pelajaran

Jawab : C. meminta siswa untuk diberi nomor dalam kelompoknya dan menjawab pertanyaan guru sesuai dengan nomor yang dipanggil sesuai dengan materi pelajaran

 

Soal 2

2. Hubungan antara strategi, metode dan pendekatan pembelajaran adalah...

A. pendekatan bersumber dari metode, strategi bersumber dari metode

B. strategi bersumber dari pendekatan, metode bersumber dari strategi

C. strategi bersumber dari metode, metode bersumber dari pendekatan

D. pendekatan bersumber dari strategi, metode bersumber dari pendekatan

Jawab : B. strategi bersumber dari pendekatan, metode bersumber dari strategi

 

Soal 3

3. Pendekatan pembelajaran adalah...

A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran

B. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar pembelajaran secara keseluruhan

C. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran

D. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Jawab : A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran

 

Soal 4

4. Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) adalah model yang...

A. menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa dalam proses pembalajaran.

B. menekankan pada kerjasama antara siswa dalam keompok dalam proses pembelajaran.

C. menekankan pada penggunaan media dan teknologi dalam proses pembelajaran

D. menekankanpada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Jawab : B. menekankan pada kerjasama antara siswa dalam keompok dalam proses pembelajaran.

 

Soal 5

5. Model Pembelajaran adalah ...

A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran

B. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran

C. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran

D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar pemebelajaran secara keseluruhan.

Jawab : D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar pemebelajaran secara keseluruhan.

 

Soal 6

6. Pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) adalah pendekatan yang...

A. menekankan pada penggunaan media dan teknologi dalam proses pembelajaran

B. menekankan pada kerjasama antara siswa dalam kelompok dalam proses pembelajaran.

C. menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam proses pembelajaran

D. menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa dalam proses pembelajaran.

Jawab : D. menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa dalam proses pembelajaran.

 

Soal 7

7. Strategi pembelajaran adalah...

A. Sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran

B. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran

C. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran

D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar pembelajaran secara keseluruhan.

Jawab : B. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran

 

Soal 8

8. Model mencari pasangan (make a match) adalah model kooperatif yang ...

A. meminta siswa untuk berpikir sendiri, kemudian berpasangan, dan kemudian berempat untuk membahas jawaban sesuai dengan materi pelajaran.

B. meminta siswa untuk bertukar pasangan setiap kali selesai menjawab pertanyaan guru sesuai dengan materi pelajaran.

C. meminta siswa untuk mencari pasangan dengan kartu yang sama atau saling melengkapi sesuai dengan materi pelajaran.

D. meminta siswa untuk berkirim salam dalam soal kepada pasangan di seberangnya sesuai dengan materi pelajaran.

Jawab : C. meminta siswa untuk mencari pasangan dengan kartu yang sama atau saling melengkapi sesuai dengan materi pelajaran.

 

Soal 9

9. Model Studen Teams Achievement Divion (STAD) adalah model kooperatif yang...

A. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok heterogen dan kemudian mengikuti turnamen kelompok sesuai dengan materi pelajaran.

B. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok heterogen dan kemudian mengikuti turnamen individu sesuai dengan materi pelajaran

C. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok homogen dan kemudian mengikuti turnamen kelompok sesuai dengan materi pelajaran

D. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok homogen dan kemudian mengikuti turnamen individu sesuai dengan materi pelajaran

Jawab : B. meminta siswa untuk belajar dalam kelompok heterogen dan kemudian mengikuti turnamen individu sesuai dengan materi pelajaran

 

Soal 10

10. Media pembelajaran adalah...

A. sudut pandang atau filosofi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran

B. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran

C. rencana atau cara yang digunakan untuk mencapao tujuan pembelajaran

D. gambaran kecil atau miniature dari suatu konsep besar pembelajaran secara keseluruhan

Jawab : B. alat atau bahan yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran


Demikian artikel tentang Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study di MOOC Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.3 Penerapan Strategi, Pendekatan, Model dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study – Pintar Kemenag"