Kunci Jawaban Modul 3.3 Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) – Pelatihan Pintar Kemenag

Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital

Kunci Jawaban Modul 3.3 Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat)

Selamat datang di Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital, sebuah program sertifikasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pelatihan ini dirancang untuk membantu Anda, para pegawai Kementerian Agama, serta pegawai dari lembaga lain, untuk meningkatkan kompetensi dalam menyusun bahan ajar yang menarik dan efektif dengan memanfaatkan teknologi digital.

Pelatihan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui platform MOOC (Massive Open Online Course) Pintar. Dengan format asinkronus, Anda dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, sesuai dengan jadwal dan kebutuhan Anda, selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan. Tidak ada jadwal Zoom atau tatap muka secara langsung, sehingga Anda dapat belajar secara mandiri dan fleksibel.

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk menyediakan wadah belajar bersama secara daring dan terbuka, sehingga dapat dijangkau oleh peserta di manapun mereka berada, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi para pegawai Kementerian Agama, serta membuka kesempatan bagi pegawai dari lembaga lain untuk ikut serta.

Materi inti yang akan dipelajari dalam pelatihan ini meliputi:

1. Konsep Penyusunan Bahan Ajar, Instruktur: Nur Aini
2. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar, Instruktur: Kasmawati
3. Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS, Modul, Diktat), Instruktur: Kasmawati
4. Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non-Teks (Computer Based Learning), Instruktur: Nur Aini
5. Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran, Instruktur: Wiwin Tubagus
6. Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia, Instruktur: Wiwin Tubagus

Persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini adalah:

1. Peserta terbuka untuk pegawai Kementerian Agama (PNS dan non-PNS) serta pegawai dari lembaga lain.
2. Pangkat/Golongan Ruang: Semua
3. Jenis Kelamin: Semua
4. Pendidikan Umum: Semua

Kami berharap pelatihan ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kompetensi penyusunan bahan ajar berbasis media digital, sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi peserta didik. Kami tunggu partisipasi Anda dalam pelatihan ini!

Kunci Jawaban Modul 3.3 Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) – Pelatihan Pintar Kemenag

1 dari 10 soal

Manakah dari berikut ini yang dapat dianggap sebagai karakteristik modul yang baik?

[A] Kesulitan tinggi tanpa panduan atau petunjuk

[B] Penyajian informasi yang berantakan dan tidak terstruktur

[C] Struktur yang terorganisir dengan jelas dan panduan belajar yang jelas*

[D] Keterbatasan dalam menyediakan contoh atau ilustrasi


2 dari 10 soal

Karakteristik bahan ajar teks adalah

[A] Bahan ajar yang tidak menggunakan media apapun

[B] Materi pembelajaran yang hanya menggunakan gambar

[C] Materi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk tulisan*

[D] Bahan ajar yang hanya menggunakan audio


3 dari 10 soal

Keuntungan utama penggunaan modul sebagai bahan ajar adalah

[A] Kemampuan untuk memfasilitasi pemahaman melalui tulisan dan visual

[B] Meminimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran

[C] Tidak memerlukan revisi atau pembaruan secara berkala

[D] Kemampuan untuk menyajikan informasi secara linier*


4 dari 10 soal

Bagaimana cara meningkatkan efektivitas bahan ajar teks?

[A] Meminimalkan variasi dalam penyajian informasi

[B] Menambahkan elemen visual seperti gambar dan diagram*

[C] Menghilangkan teks yang terlalu panjang

[D] Menyajikan informasi hanya dalam bentuk audio


5 dari 10 soal

Apa yang dimaksud dengan bahan ajar teks?

[A] Bahan ajar yang hanya berupa teks tanpa media lainnya

[B] Bahan ajar yang hanya tersedia dalam bentuk video

[C] Bahan ajar yang menggunakan media cetak*

[D] Bahan ajar yang disajikan dalam format elektronik


6 dari 10 soal

Apa yang membedakan modul sebagai jenis bahan ajar teks?

[A] Modul terbatas hanya pada teks tanpa unsur visual

[B] Modul menggunakan audio sebagai media utama

[C] Modul lebih cenderung bersifat interaktif*

[D] Modul hanya berisi informasi dasar


7 dari 10 soal

Bagaimana modul dapat meningkatkan fleksibilitas dalam pembelajaran?

[A] Dengan membatasi waktu akses siswa ke materi

[B] Dengan menyediakan berbagai metode pengajaran dan evaluasi*

[C] Dengan membatasi pilihan materi yang disajikan

[D] Dengan menyajikan informasi tanpa struktur


8 dari 10 soal

Apa keunggulan utama dari penggunaan bahan ajar teks?

[A]

[B]

[C]

[D]


9 dari 10 soal

Berikut ini termasuk dalam jenis bahan akar cetak, adalah

[A] Presentasi slide

[B] Video pembelajaran

[C] Permainan interaktif

[D] Buku teks, handout, dan modul*


10 dari 10 soal

Apa tujuan utama dari pembuatan poster sebagai bahan ajar teks?

[A] Memberikan informasi dengan cara yang kaku dan formal

[B] Menyajikan teks dalam jumlah yang sangat besar

[C] Hanya sebagai hiasan kelas

[D] Memvisualisasikan informasi dengan grafik dan gambar*


Itulah Kunci Jawaban Modul 3.3 Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) – Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital  di MOOC Pintar Kemenag, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.3 Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) – Pelatihan Pintar Kemenag"