Kunci Jawaban Modul 3.5 Penyusunan Laporan Lesson Study – Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital – Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital merupakan sebuah inisiatif penting yang diluncurkan oleh Kementerian Agama melalui Pelatihan Mandiri Bersertifikat. Pelatihan ini berbasis pada konsep MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan peserta untuk belajar secara asinkron dan online penuh, tanpa perlu hadir dalam sesi tatap muka atau Zoom. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi peserta, yang dapat mengikuti pelatihan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan mereka, asalkan masih dalam periode pelatihan yang ditetapkan.
Mengapa Lesson Study Penting?
Lesson Study for Learning Community adalah konsep utama yang
akan dipelajari dalam pelatihan ini. Sebagai pendekatan kolaboratif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran, Lesson Study memungkinkan para pendidik
untuk secara bersama-sama merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan proses
pembelajaran di kelas. Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis,
kemampuan untuk secara efektif menerapkan Lesson Study menjadi semakin penting.
Ini bukan hanya tentang memperbaiki metode pengajaran, tetapi juga tentang
membangun komunitas belajar yang kuat di mana guru dan peserta didik dapat
tumbuh dan berkembang bersama.
Dipelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Lesson
Study for Learning Community
- Strategi,
Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study
- Penyusunan Plan dalam Lesson
Study
- Penyusunan
Laporan Lesson Study
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi semua pegawai Kementerian Agama,
baik PNS maupun Non-PNS. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin,
atau latar belakang pendidikan, sehingga siapa saja yang tertarik untuk
meningkatkan keterampilan mereka dalam Lesson Study dapat berpartisipasi. Ini
menunjukkan komitmen Kementerian Agama untuk menyediakan pelatihan yang
inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak yang terkait dengan dunia
pendidikan.
Kunci Jawaban Modul 3.5 Penyusunan Laporan Lesson Study – Pintar Kemenag
Soal 1
Kebutuhan akan inovasi dalam pendidikan terasa begitu kuat
dan nyata dalam berbagai aspek dan bidang kajian, baik eksakta maupun ilmu-ilmu
sosial. Hal yang harus dilakukan guru adalah?
A. melaksanakan asesmen sebagai laporan proses belajar
B. konsisten dalam kualitas pembelajaran
C. menjawab dan mengatasi perubahan yang terjadi
D. membuat perangkat pembelajaran
Jawaban C. menjawab dan mengatasi perubahan yang terjadi
Soal 2
Lesson Study pada hakekatnya adalah merupakan salah satu
upaya signifikan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam
memfasilitasi
A. proses belajar mengajar.
B. tindaklanjut hasil pembelajaran
C. kemampuan awal peserta didik
D. asesmen dalam pembelajaran
Jawaban A. proses belajar mengajar.
Soal 3
Pemaparan argumentasi perlunya penulisan laporan lesson
study terdapat pada bagian
A. rekomendasi
B. penunjang
C. tahapan kegiatan
D. pendahuluan
Jawaban D. pendahuluan
Soal 4
Berikut ini yang sesuai dengan definisi laporan adalah
A. keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau
kegiatan berdasarkan opini
B. keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau
kegiatan berdasarkan fakta
C. keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau
kegiatan berdasarkan ilustrasi
D. keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau
kegiatan berdasarkan asumsi
Jawaban B. keterangan atau informasi tentang suatu keadaan
atau kegiatan berdasarkan fakta
Soal 5
Berikut ini yang termasuk manfaat laporan dari penyusunan
lesson study adalah
A. membimbing pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
B. mengarahkan guru dalam merencanakan pembelajaran
C. memantau proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru
D. membantu mengetahui proses dan peningkatan kompetensi
Jawaban D. membantu mengetahui proses dan peningkatan
kompetensi
Soal 6
- Kunci Jawaban 3.15 Monitoring, Evaluasi, dan Sistem Penjaminan Mutu Madrasah Inklusif - Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.13 Pengelolaan dan Pengembangan Pendidikan Inklusif pada Madrasah - Bagian 5 – Pintar Kemenag
- Kunci Jawaban 3.8 ldentifikasi, Asesmen, dan Profil Peserta Didik Berkebutuhan Khusus - Bagian 3- Pintar Kemenag
menguraikan perencanaa, pelaksanaan, dan refleksi sehingga
mudah dipahami oleh penerima laporan lesson study terdapat pada?
A. bagian penutup
B. bagian awal
C. bagian isi
D. bagian penunjang
Jawaban C. bagian isi
Soal 7
Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi guru
melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan
berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun
A. learning community
B. learning discussion
C. learning communication
D. learning creativity
Jawaban A. learning community
Soal 8
Perhatikan pernyataan berikut!
1. Lesson Study dapat diterapkan dengan metode pembelajaran
yang sesuai dengan situasi
2. Lesson Study merupakan model pembelajaran wajib dalam
kurikulum merdeka
3. Lesson Study dilakukan secara berkolaboratif dan
berkelanjutan
4. Lesson Study sebagai upaya meningkatkan hasil belajar
peserta didik
Pernyataan di atas yang sesuai dengan tujuan Lesson Study
adalah?
A. 1 dan 4
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 1 dan 3
Jawaban D. 1 dan 3
Soal 9
Model yang digunakan dalam lesson study adalah
A. collaborative learning
B. stimulation learning
C. reflection learning
D. discussion learning
Jawaban A. collaborative learning
Soal 10
Di bawah ini yang termasuk dalam bagian awal dari laporan
lesson study adalah
A. tujuan
B. pembahasan
C. manfaat
D. kata pengantar.
Jawaban D. kata pengantar.
Demikian artikel tentang Kunci Jawaban Modul 3.5 Penyusunan Laporan Lesson
Study di MOOC Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.5 Penyusunan Laporan Lesson Study – Pintar Kemenag"
Posting Komentar