Kunci Jawaban Modul 3.2 Konsep P5-PPRA PJJ Pintar Kemenag

Kunci Jawaban Modul 3.2 Konsep P5-PPRA PJJ Pintar Kemenag

Soal Latihan Materi 3.2 Konsep P5-PPRA PJJ Pintar Kemenag

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang Soal Latihan Materi 3.2 Konsep P5-PPRA PINTAR KEMENAG. Konsep P5-PPRA atau Program Penguatan Pendidikan Agama dan Pengajaran Agama merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG) untuk memperkuat pendidikan agama di sekolah.

Materi 3.2 dalam konsep P5-PPRA membahas tentang strategi dan metode pengajaran agama yang cerdas dan kreatif. Tujuan dari materi ini adalah agar para pendidik agama dapat mengembangkan pendidikan agama yang menarik dan bermanfaat bagi peserta didik.

Dalam soal latihan ini, kami telah menyusun beberapa pertanyaan yang akan menguji pemahaman Anda tentang materi 3.2 Konsep P5-PPRA. Soal latihan ini dapat menjadi sarana bagi Anda untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda tentang strategi dan metode pengajaran agama.

Di blog ini, kami akan memberikan penjelasan yang mendalam tentang setiap soal latihan agar Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik. Selain itu, kami juga akan memberikan tips dan trik untuk menjawab setiap pertanyaan dengan benar.

Apakah Anda siap untuk menguji pemahaman Anda tentang materi 3.2 Konsep P5-PPRA? Jangan khawatir jika Anda masih belum yakin dengan pemahaman Anda, karena melalui latihan ini, Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan pemahaman Anda.

Kami harap Anda menikmati pembahasan ini dan kami berharap bahwa dengan menyelesaikan soal-soal latihan ini, Anda dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang materi 3.2 Konsep P5-PPRA serta mampu mengimplementasikannya dalam praktik pengajaran agama.

Kunci Jawaban Modul  3.2 Konsep P5-PPRA

1 dari 10 soal

Dimensi dalam profil pelajar Pancasila yang fokus pada membentuk karakter pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah ....

A berkebhinekaan global

B kreatif

C bernalar kritis

D beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

Jawaban : D

2 dari 10 soal

Panduan dan peraturan-peraturan yang perlu dipahami dalam merencanakan dan melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) adalah sebagai berikut, kecuali

A Keputusan Kepala BSKAP Nomor 909/H/KR/2022

B Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022

C Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022

D Panduan Pengembangan P5-PPRA

Jawaban : C

3 dari 10 soal

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin adalah ....

A. paradigma baru dalam kurikulum merdeka dengan pendekatan projek berbasis masalah kontekstual di masyarakat atau lingkungan madrasah yang bertujuan untuk mengamati perkembangan karakter Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin

B. paradigma baru dalam kurikulum merdeka dengan pendekatan projek kontekstual berbasis kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan madrasah yang bertujuan menumbuhkembangkan karakter Profil Pelajar

C. paradigma baru dalam kurikulum merdeka dengan pendekatan projek berbasis masalah kontekstual di masyarakat atau lingkungan madrasah yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan karakter Profil Pelajar Pancasila

D. paradigma baru dalam kurikulum merdeka dengan pendekatan projek kontekstual berbasis kebutuhan masyarakat atau masalah di lingkungan madrasah yang bertujuan untuk mengamati penguatan kompetensi dan karakter Profil Pelajar Pancasila

Jawaban : D

4 dari 10 soal

Alur perkembangan Profil Pelajar Pancasila sesuai fase, yang dipedomani menjadi target akhir projek dari tumbuh kembang karakter Pelajar Pancasila yang diharapkan, dapat dikutip dari....

A Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/H/KR/2022

B Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022

C Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022

D Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022

Jawaban : D

5 dari 10 soal

Pengembangan P5-PPRA yang memperhatikan dan menghargai perbedaan dengan salah satunya dapat memanfaatkan potensi kearifan lokal adalah berkenaan dengan prinsip...

A holistik

B kebersamaan

C religiusitas

D keberagaman

Jawaban : D

6 dari 10 soal

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin bukan hanya kegiatan membuat produk atau karya namun berupa aksi nyata.....

A menindaklanjuti penyelesaian permasalahan kontekstual dalam rangka membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter

B menyelesaikan permasalahan kontekstual dalam rangka membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter

C merumuskan solusi permasalahan kontekstual dalam rangka membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter

D mengidentifikasi permasalahan kontekstual dalam rangka membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter

Jawaban : B

7 dari 10 soal

Nilai dalam Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang ditumbuhkembangkan melalui pendampingan guru dengan cara membiasakan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, sistematis, berani mengambil keputusan dan mengembangkan gagasan baru yang berdaya saing untuk kemanfaatan yang lebih tinggi, adalah....

A keteladanan (qudwah)

B mengambil jalan tengah (tawassut)

C dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikär)

D kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah)

Jawaban : C

8 dari 10 soal

Fokus yang ingin dijadikan sasaran dalam P5-PPRA adalah sebagai berikut, kecuali

A aksi nyata untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual di masyarakat atau lingkungan madrasah

B membangun kepekaan pelajar dan memberikan pengalaman melakukan investigasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan

C membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter sesuai falsafah Pancasila dan nilai-nilai moderasi beragama

D membuat produk atau karya sebagai aksi nyata menyelesaikan permasalahan masyarakat atau lingkungan madrasah

Jawaban : D

9 dari 10 soal

Karakter yang ingin ditumbuhkembangkan dalam Profil Pelajar mencakup ... Profil Pelajar Pancasila dan.. Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.

A  6 dimensi, 10 nilai

B 6 nilai, 10 dimensi

C 6 dimensi, 10 indikator

D 6 elemen, 10 nilai

Jawaban : A

10 dari 10 soal

Manfaat pengembangan dan pelaksanaan P5-PPRA yang dapat dirasakan langsung bagi guru adalah sebagai berikut, kecuali

A mendukung pendidikan karakter

B meningkatkan keterlibatan masyarakat

C mengembangkan kolaborasi antar rekan sejawat

D mengembangkan kemampuan meneliti dan melakukan inovasi pembelajaran

Jawaban : B

 

*Disclimer

Jawaban mungkin tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Jawaban ini murni hasil pemikiran kami pribadi. Informasi ini hanya sebagai pembanding saja bukan sebuah kebenaran mutlak.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami dan selamat mempelajari soal-soal latihan ini!

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.2 Konsep P5-PPRA PJJ Pintar Kemenag"