Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Modul 3.5 Kurikulum Madrasah (Pengayaan) - Bagian 2 untuk MTs Pintar Kemenag

 

Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Kunci Jawaban Modul 3.1 Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah

Informasi Umum

Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 ini merupakan program yang berlangsung selama lima hari, diselenggarakan secara daring melalui platform Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course). Metode pembelajaran dilakukan secara asinkron dan sepenuhnya online, memungkinkan peserta untuk belajar mandiri tanpa tatap muka atau jadwal pertemuan Zoom. Peserta dapat mengakses materi pelatihan kapan saja dan di mana saja selama periode pelaksanaan.

Kompetensi Teknis Pelatihan

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman peserta terkait filosofi, kebijakan, dan isi Kurikulum Madrasah KMA 450 Tahun 2024, khususnya pada struktur kurikulum dan kompetensi teknis. Materi pelatihan mencakup:

1. Pemahaman Struktur Kurikulum dan Kebijakan Kurikulum Madrasah.

2. Analisis karakteristik madrasah, penyusunan visi, misi, serta perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran.

3. Evaluasi pengembangan profesional guru serta pendampingan sesuai KMA 450/2024.

Tujuan Pelatihan

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk:

1. Memperkuat kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam menguasai struktur kurikulum KMA 450/2024.

2. Menyamakan persepsi antara guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kapasitas dan mutu layanan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

3. Mendorong penerapan strategi dan metode yang relevan untuk mendukung pembelajaran aktif dan inovatif di madrasah.

Latar Belakang Pelatihan

Pelatihan ini didasari oleh kebutuhan madrasah untuk menerapkan prinsip *Merdeka Belajar*, yang mengedepankan kolaborasi antara guru, kepala madrasah, pengawas, dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan yang memihak pada peserta didik. Madrasah harus mampu mengembangkan program yang berfokus pada kebutuhan unik siswa serta karakteristik dan potensi madrasah.

Selain itu, untuk mempercepat penyebaran informasi kurikulum terbaru, pelatihan ini dirancang dengan metode MOOC agar lebih efisien, memberikan akses mudah kepada madrasah untuk memahami perubahan regulasi kurikulum.

Pembelajaran dan Asesmen

Pelatihan ini juga menitikberatkan pada aspek pembelajaran dan asesmen, termasuk:

1. Perencanaan pembelajaran dan asesmen.

2. Pelaksanaan pembelajaran yang terfokus pada pendekatan diferensiasi.

3. Pelaporan hasil asesmen untuk memonitor perkembangan peserta didik.

Melalui pendekatan ini, peserta pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, sekaligus mengembangkan profesionalisme guru dalam hal inovasi dan kreatifitas dalam kegiatan belajar-mengajar.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA)

Sebagai bagian penting dari kurikulum ini, pelatihan memberikan pemahaman mendalam tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA). Kegiatan ini mencakup:

1. Konsep dasar dan prinsip-prinsip P5RA.

2. Strategi membangun budaya madrasah yang mendukung pelaksanaan projek P5RA.

3. Perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi asesmen dan pelaporan projek.

P5RA bertujuan untuk memperkuat kompetensi pelajar MTs yang tidak hanya beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia tetapi juga menjunjung karakter Rahmatan lil ‘Alamin. Profil pelajar yang diharapkan mencakup nilai-nilai Pancasila dan sikap moderasi dalam beragama.

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi:

1. Guru MTs atau sederajat.

2. PNS dan Non-PNS di bawah Kementerian Agama.

3. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin, atau pendidikan formal.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan seluruh tenaga pendidik di MTs dapat berperan aktif dalam mengimplementasikan Kurikulum Madrasah KMA 450/2024 demi peningkatan kualitas pembelajaran yang berfokus pada profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin.

Kunci Jawaban Modul 3.5 Kurikulum Madrasah (Pengayaan)- Bagian 2 Pintar Kemenag

Soal 1 

Faktor apa yang dapat memengaruhi kesan selama menjadi Waka Kurikulum? 

A. Besarnya Dukungan Pimpinan 
B. Menyusun Program Perbaikan dan Pengayaan 
C. Mengadakan Seminar Internasional 
D. Menyusun Program Perbaikan dan Pengayaan 

Jawaban: D 

 

Soal 2 

Apa yang dapat diambil sebagai pembelajaran pribadi dan profesional dari pengalaman sebagai Waka Kurikulum? 

A. Menyusun Laporan Keuangan
B. Mengkoordinasikan Kegiatan Kurikulum. 
C. Semua jawaban benar 
D. Menyusun Program Pelatihan Guru 

Jawaban: C 


Soal 3 

Tugas utama seorang Waka Kurikulum di sebuah sekolah? 

A. Mengelola Asrama Siswa. 
B. Menyusun Rencana Pembangunan Fasilitas. 
C. Mengkoordinasikan Kegiatan Kurikulum. 
D. Menyusun Laporan Keuangan 

Jawaban: C 

 

Soal 4 

Bagaimana Wako Kurikulum dapat merespons umpan balik dari guru dan siswa ...

A. Menyusun Program Pelatihan Guru 
B. Melakukan Supervisi Administrasi 
C. Menerapkan Sistem Evaluasi Efektif 
D. Mengelola Asrama Siswa 

Jawaban: C 

 

Soal 5 

Apa peran Waka Kurikulum dalam peningkatan kapasitas guru? 

A. Mengadakan Seminar Kesiswaan 
B. Menyusun Laporan Keuangan 
C. Mengelola Kegiatan Siswa 
D Menyusun Program Perbaikan dan Pengayaan. 

Jawaban: D

 

Soal 6 

Keterampilan manajerial apa yang paling penting dimiliki oleh seorang Waka Kurikulum? 


A. Menyusun Program Kegiatan. 
B. Keterampilan Manajemen Waktu dan Proyek. 
C. Keterampilan Mengajar siswa. 
D. Keterampilan Menulis Laporan. 

Jawaban: B 

 

Soal 7 

Apa yang termasuk dalam pendidikan kontinu bagi seorang Waka Kurikulum...

A. Terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan. 

B. Terus menangani administrasi kepegawaian. 

C. Belajar menyusun laporan keuangan. 

D. Belajar menyusun rencana pembangunan fasilitas. 

Jawaban: A 

 

Soal 8 

Apa tanggung jawab Waka Kurikulum dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka? 

A. Menyusun Pembagian Tugas Guru 
B. Melakukan Supervisi Administrasi 
C. Semuanya Benar 
D. Mengatur Pemanfaatan Lingkungan sebagai sumber Belajar. 

Jawaban: C 

Soal 9


Apa yang perlu dipahami oleh seorang Wala Kurikulum tentang Kurikulum Nasional? 

A. Tren dan Perkembangan Terbaru dalam Pendidikan. 
B. Program Pengajaran. 
C. Rencana Pembangunan Fasilitas. 
D. Keterampilan Manajemen Proyek. 

Jawaban: A 

 

Soal 10 

Bagaimana cara Waka Kurikulum meningkatkan kepekaan terhadap perkembangan pendidikan global ...

A. Mengadakan Seminar Internasional 
B. Mengadakan Pertemuan dengan Pihak Sekolah Lain. 
C. Menyusun Program Pelatihan Guru 
D. Memantau dan Mengikuti Tren Pendidikan Global 

Jawaban: D

Demikian  Kunci Jawaban Modul 3.5 Kurikulum Madrasah (Pengayaan)- Bagian 2 Pintar Kemenag untuk Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450 Tahun 2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.5 Kurikulum Madrasah (Pengayaan) - Bagian 2 untuk MTs Pintar Kemenag"