Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal Modul 3.1 Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka - Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman

Kunci Jawaban Soal Modul 3.1 Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

Kementerian Agama RI mengadakan Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman melalui Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka. Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari.

Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan.

 

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari :

A. Literasi dalam Kurikulum Merdeka

1. Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka

2. Kompetensi Literasi Guru SD dalam Perdirjen GTK No. 0340/2022

3. Ragam Kegiatan Membaca

 

B. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

1. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Penguasaan Huruf

2. Bahan Bacaan untuk Kelompok Penguasaan Huruf

3. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Suku Kata

4. Bahan Bacaan untuk Kelompok Suku Kata

5. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Kata

6. Bahan Bacaan untuk Kelompok Kata

7. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Membaca Lancar

8. Bahan Bacaan untuk Kelompok Membaca Lancar

 

C. Keterampilan Membaca Pemahaman

1. Cara Mengenali Kemampuan Peserta Didik Memahami Bacaan

2. Keterampilan Menyimak

3. Pemahaman Literal dan Inferensial

 

D. Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan

1. Membaca Bersama dengan Fokus Pemahaman

2. Mengurutkan Peristiwa dengan Gambar Berseri

3. Mengisi Peta Cerita untuk Menanggapi Bacaan

 

Kompetensi yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan :

- Pemahaman literasi dalam Kurikulum Merdeka

- Penerapan ragam kegiatan membaca untuk meningkatkan pemahaman

- Penerapan kegiatan berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan membaca

Kunci Jawaban Soal Modul 3.1 Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka - Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman

 

1. Setelah melakukan asesmen awal pembelajaran, Pak Dani mengelompokkan peserta didiknya menjadi beberapa kelompok kecil yang berisi enam anak.

Maka, kegiatan membaca yang tepat untuk Pak Dani terapkan adalah ialah....

A. Membaca mandiri
B. Membaca terbimbing
C. Membaca bersama
D. Membaca nyaring

Jawaban: B

 

2. Berikut merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik di kelas kecuali …

A. Pendidik memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik
B. Pendidik menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca
C. Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit.
D. Pendidik melakukan pendampingan kepada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan ajar

 

Jawaban: C

3. Peserta didik di kelas Bu Ratih memiliki minat baca dan pemahaman akan bacaan yang kurang. Saat diberi tugas membaca, peserta didiknya sering kali terlihat malas-malasan. Selain itu, ketika Bu Ratih memberi pertanyaan terkait bacaan, peserta didiknya pun tidak bisa menjawab. Kegiatan apa yang dapat Bu Ratih terapkan untuk mengatasi masalah ini?

A. Membaca mandiri dan membaca terbimbing
B. Membaca terbimbing dan membaca bersama
C. Membaca terbimbing dan membaca nyaring
D. Membaca nyaring dan membaca mandiri

 

Jawaban: D

4. Guru memiliki kecakapan literasi mahir apabila, kecuali....

A. Mampu mengelola kelas dengan baik
B. Paham tentang literasi
C. Melaksanakan pembelajaran yang menguatkan kecakapan literasi siswa
D. Mengembangkan kecakapan literasi dirinya

Jawaban: A

 

5. Berikut merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik dikelas, kecuali...

A. Pendidik memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik
B. Pendidik menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca
C. Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit
D. Pendidik melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan ajar

Jawaban: C

 

Demikian kunci jawaban 3.1 Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Modul 3.1 Penguatan Literasi dalam Kurikulum Merdeka - Pelatihan Literasi : Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman"