Kunci Jawaban Modul 3.2 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar – Pelatihan Pintar Kemenag
Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital
Selamat datang di Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital, sebuah program sertifikasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pelatihan ini dirancang untuk membantu Anda, para pegawai Kementerian Agama, serta pegawai dari lembaga lain, untuk meningkatkan kompetensi dalam menyusun bahan ajar yang menarik dan efektif dengan memanfaatkan teknologi digital.
Pelatihan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui platform MOOC (Massive Open Online Course) Pintar. Dengan format asinkronus, Anda dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, sesuai dengan jadwal dan kebutuhan Anda, selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan. Tidak ada jadwal Zoom atau tatap muka secara langsung, sehingga Anda dapat belajar secara mandiri dan fleksibel.
Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk menyediakan wadah belajar bersama secara daring dan terbuka, sehingga dapat dijangkau oleh peserta di manapun mereka berada, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi para pegawai Kementerian Agama, serta membuka kesempatan bagi pegawai dari lembaga lain untuk ikut serta.
Materi inti yang akan dipelajari dalam pelatihan ini meliputi:
1. Konsep Penyusunan Bahan Ajar
Instruktur: Nur Aini
2. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar
Instruktur: Kasmawati
3. Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS, Modul, Diktat)
Instruktur: Kasmawati
4. Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non-Teks (Computer Based Learning) Instruktur: Nur Aini
5. Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran
Instruktur: Wiwin Tubagus
6. Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia
Instruktur: Wiwin Tubagus
Persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini adalah:
1. Peserta terbuka untuk pegawai Kementerian Agama (PNS dan non-PNS) serta pegawai dari lembaga lain.
2. Pangkat/Golongan Ruang: Semua
3. Jenis Kelamin: Semua
4. Pendidikan Umum: Semua
Kami berharap pelatihan ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kompetensi penyusunan bahan ajar berbasis media digital, sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi peserta didik. Kami tunggu partisipasi Anda dalam pelatihan ini!
Kunci Jawaban Modul 3.2 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar –
Pelatihan Pintar Kemenag
1 dari 10
Mengapa penting melakukan analisis kebutuhan bahan ajar
sebelum pembuatan materi pembelajaran?
[A] Agar bahan ajar dapat memenuhi kebutuhan
siswa dan tujuan pembelajaran*
[B] Untuk mengukur sejauh mana bahan ajar telah berkembang
[C] Karena hanya itu cara agar bahan ajar dapat dijual
dengan baik
[D] Untuk memastikan bahwa bahan ajar sesuai dengan standar
nasional
2 dari 10 soal
Bagaimana langkah-langkah umum dalam melakukan analisis
kebutuhan bahan ajar?
[A] Mengembangkan materi tanpa penelitian lebih lanjut
[B] Menentukan harga bahan ajar sebelum mengetahui kebutunan
siswa
[C] Identifikasi tujuan pembelajaran dan
kebutuhan siswa, lalu pilih metode pengajaran*
[D] Menyusun bahan ajar tanpa memperhatikan perbedaan
individu siswa
3 dari 10 soal
Apa manfaat melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap bahan
ajar setelah digunakan?
[A] Evaluasi tidak perlu dilakukan setelah bahan ajar
digunakan
[B] Evaluasi hanya penting jika ada keluhan dari siswa
[C] Agar bahan ajar dapat terus diperbaiki dan
disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan siswa*
[D] Untuk mengetahui apakah bahan ajar memenuhi standar
nasional
4 dari 10 soal
Apa yang dapat menjadi sumber informasi utama dalam
melakukan analisis kebutuhan bahan ajar?
[A] Pengalaman pribadi pengajar saja
[B] Trend terkini dalam industri mode
[C] Hasil survei kepuasan siswa tanpa melibatkan guru
[D] Kurikulum nasional dan kebijakan sekolah*
6 dari 10 soal
Apa yang dimaksud dengan analisis kebutuhan bahan ajar?
[A] Penelitian untuk menentukan kebutuhan siswa
dan tujuan pembelajaran*
[B] Pengembangan bahan ajar tanpa mempertimbangkan kebutuhan
siswa
[C] Evaluasi bahan ajar setelah digunakan dalam kelas
[D] Proses menentukan jenis bahan ajar yang paling populer
7 dari 10 soal
Apo yang dimaksud dengan mengidentifikasi tujuan
pembelajaran dalam konteks analisis kebutuhan bahan ajar?
[A] Menyusun bahan ajar tanpa memperhatikan tujuan
[B] Menentukan harga bahan ajar
[C] Merumuskan hasil yang diharapkan dari proses
pembelajaran*
[D] Menggantungkan seluruh proses pembelajaran pada
preferensi siswa
8 dari 10 soal
Apa langkah awal dalam melakukan analisis kebutuhan bahan
ajar?
[A] Menentukan harga bahan ajar
[B] Mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan
kebutuhan siswa*
[C] Menyusun bahan ajar tanpa penelitian
[D] Mengevaluasi efektivitas bahan ajar setelah digunakan
9 dari 10 soal
Mengapa penting melibatkan para pengajar dalam analisis
kebutuhan bahan ajar?
[A] Agar pengajar dapat memberikan wawasan
tentang kebutuhan siswa dan proses pembelajaran*
[B] Karena keputusan mengenai bahan ajar sepenuhnya berada
di tangan pengembang kurikulum nasional
[C] Karena para pengajar hanya berperan sebagai pelaksana,
bukan kontributor ide
[D] Untuk memastikan bahwa bahan ajar memenuhi harapan pihak
sekolah
10 dari 10 soal
Apa yang perlu diperhatikan saat mengidentifikasi kebutuhan
siswa dalam analisis kebutuhan bahan ajar?
[A] Fokus hanya pada kemampuan akademis mereka
[B] Selalu mengabaikan preferensi siswa
[C] Hanya mengandalkan nilai ujian sebagai acuan
[D] Memahami gaya belajar siswa dan kebutuhan
belajar mereka*
Itulah Kunci Jawaban Modul 3.2 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar –
Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Berbasis Media Digital di MOOC Pintar Kemenag, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.2 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar – Pelatihan Pintar Kemenag"
Posting Komentar