Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas - Pintar Kemenag
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.
Informasi Umum
Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.
Materi Pelatihan
Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari beberapa topik penting, di antaranya:
1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas
2. Pengayaan Konsep PTK
3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK
4. Perancangan PTK
5. Pengayaan dalam Merancang PTK
6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK
7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK
8. Penyusunan Laporan Hasil PTK
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi:
1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama
2. Semua pangkat dan golongan ruang
3. Semua jenis kelamin
4. Semua tingkat pendidikan
Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.
Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas - Pintar Kemenag
Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!
1 dari 10 soal
Salah satu alasan mengapa PTK lebih dipilih guru adalah
A. guru tidak perlu keluar kelas untuk meneliti
B. menggunakan analisis lengkap baik kualitatif mupun
kualitatif
C. penggunaan teori dari bermacam referensi ilmiah
D. sampelnya cukup beberapa orang siswa saja di kelas
Jawaban: A. guru tidak perlu keluar kelas untuk meneliti
2 dari 10 soal
Berikut ini aktifitas pada siklus perencanaan PTK.
A. Merumuskan masalah, Menyusun hipotesis tindakan,
Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi.
B. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD,
Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Obselmasi.
C. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mengembangkan
Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Observasi, Menilai hasil tindakan dengan
menggunakan LKPD.
D. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Menyusun LKPD,
Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen supervisi kelas.
Jawaban: B. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
Menyusun LKPD, Mengembangkan Instrumen Evaluasi, Menyusun Instrumen Obselmasi.
3. dari 10 Soal
Salah satu tujuan Penelitian Tindakan Kelas adalah
A. Guru cepat naik pangkat
B. Menjalin kolaborasi antarguru
C. Guru dapat mengumpulkan angka kredit
D. Meningkatkan mutu pembelajaran
Jawaban: D. Meningkatkan mutu pembelajaran
4 dari 10 soal
Keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas apabila
A. meningkatnya ranking peserta didik
B. adanya pemanfaatan media sekaligus model pembelajaran
C. terjadinya perbaikan atau peningkatan mutu pembelajaran
D. berkurangnya beban tim supervisi
Jawaban: C. terjadinya perbaikan atau peningkatan mutu
pembelajaran
5 dari 10 soal
Sebagai pembeda dengan pembelajaran biasa, maka PTK minimal
dilaksanakan…siklus…kali pertemuan.
A. 2&2
B. 2&1
C. 1&2
D. 1&1
Jawaban: A. 2&2
6 dari 10 soal
Siklus pelaksanaan PTK dapat dihentikan guru apabila
A. Masalah dapat diselesaikan melalui perubahan metode
pembelajaran
B. Terjadinya peningkatan hasil pada variabel masalah
penelitian
C. Guru merasa puas dengan hasil penelitian yang
dilakukannya
D. Telah ditemukannya masalah riil dikelas guru tersebut
Jawaban: B. Terjadinya peningkatan hasil pada variabel
masalah penelitian
7 dari 10 soal
Sasaran PTK di madrasah adalah
A. Guru, peserta didik, kolaborator, dan lingkungan
B. Guru, materi ajar, peserta didik, kolaborator
C. Guru, peserta didik, materi ajar, dan lingkungan
D. Guru, materi ajar,kolaborator, dan lingkungan
Jawaban: C. Guru, peserta didik, materi ajar, dan
lingkungan
8 dari 10 soal
Pak Ahmad seorang guru MI mengalami kegelisahan saat
menghadapi peserta didik yang telah lama tidak belajar tatap muka langsung.
Peserta tidak semangat belajar, malas-malasan melakukan aktifitas di kelas dan
banyak yang tidak mau mengumpulkan tugas tepat waktu. Hal ini berdampak pada
prestasi belajar yang menurun. Beliau berencana memberikan model pembelajaran
penugasan untuk mengembalikan semangat belajar peserta didiknya. Judul yang
tepat untuk PTK Pak Ahmad adalah:
Α. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa MI Kelas V melalui
Project Based Learning pada Materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap tahun
2021/2022
B. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning pada Materi
Jenishenis Tanah terhadap Hasil Belajar Siswa MI Raudhatul Jannah Semester
Genap tahun 2021/2022
C. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui
Project Based Learning pada materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap di MI
Raudhatul Jannah, tahun 2021/2022
D. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI Raudhatul
Jannah, melalui Problem Based Learning pada Jenis-jenis
Jawaban: C. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
melalui Project Based Learning pada materi Jenis-jenis Tanah Semester Genap di
MI Raudhatul Jannah, tahun 2021/2022
9 dari 10 soal
Cont oh judul PTK yang tepat adalah
A. Pengaruh Kumon Method terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Fisika pada materi Bahasan Gerak pada Siswa Kelas XI MAN Mandiri Berprestasi
Tahun Pelajaran 2021/2022
B. Evaluasi Pemanfaatan Model Pembelajaran JIGSAW dalam
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X, Mata Pelajaran Biologi Materi
Perkembangbiakan, Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022
C. Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Terhadap
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI Semester I MI
Tunas Bangsa
D. Peningkatan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa dengan
Alat Peraga Kartu Huruf Melalui Video Pembelajaran Youtube dan Whassap Grup
pada Materi Perkenalan diri Bidang Studi Bahasa Inggris Siswa Kelas VII F MTS
X, Kabupaten Kutercinta Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021
Jawaban: C. Penggunaan Metode Ceramah dan Tanya Jawab
Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VI
Semester I MI Tunas Bangsa
10 dari 10 soal
Penelitian Tindakan Kelas dapat dimaknai sebagai
A. Perpuan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang
dilakukan di kelas untuk menunjukkan profesionalisme guru
B. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas
untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara melakukan refleksi diri pada proses
pembelajaran
C. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru di kelas
untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara sebagaimana lesson study
D. Proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas
melalui refleksi diri guru guna pemenuhan standar isi.
Jawaban: B. Penelitian praktis yang dilakukan oleh guru
di kelas untuk memperbaiki pembelajaran dengan cara melakukan refleksi diri
pada proses pembelajaran.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas - Pintar Kemenag"
Posting Komentar