Kunci Jawaban Modul 2.2 Sistematika Karya Tulis Ilmiah - Pintar Kemenag

 

PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DAN DOSEN

Kunci Jawaban Modul 2.1 Karya Tulis Ilmiah sebagai Pengembangan Profesi

Selamat datang di Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bersertifikat Kementerian Agama!

Pelatihan ini dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan guru dan dosen dalam menyusun karya tulis ilmiah. Kami menyadari bahwa menulis karya ilmiah merupakan persyaratan penting bagi kenaikan jenjang jabatan, namun seringkali menjadi tantangan bagi para pendidik. Oleh karena itu, kami hadir untuk membantu Anda menguasai teknik dan kaidah penulisan karya ilmiah yang baik dan sesuai dengan standar.

Pelatihan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui platform MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan Anda untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Dengan format asinkronus, Anda dapat mengikuti pelatihan ini secara mandiri tanpa terikat jadwal pertemuan virtual atau tatap muka.

Selama 5 hari, Anda akan dibekali dengan materi komprehensif mencakup struktur, gaya bahasa, metodologi, dan aspek-aspek penting lainnya dalam penulisan karya ilmiah. Setelah mengikuti pelatihan ini, Anda diharapkan mampu menyusun karya tulis ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan dapat menunjang kenaikan jenjang jabatan.

SASARAN PESERTA

- Guru dan Dosen (Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

ALASAN DAN LATAR BELAKANG

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu persyaratan penting bagi guru dan dosen dalam kenaikan jenjang jabatan. Namun, pelatihan khusus mengenai penulisan karya ilmiah bagi pendidik masih terbatas. Pelatihan yang ada umumnya membahas penulisan karya ilmiah secara umum, tanpa mempertimbangkan kebutuhan spesifik guru dan dosen.

Oleh karena itu, kami hadir untuk menyediakan pelatihan yang dirancang khusus bagi Anda, para guru dan dosen. Melalui pelatihan ini, kami berharap Anda dapat meningkatkan kompetensi dalam menyusun karya tulis ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan dapat memenuhi persyaratan kenaikan jenjang jabatan.

TUJUAN

Meningkatkan kompetensi guru dan dosen dalam menyusun karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.

PERSYARATAN

1. PNS Kementerian Agama dan Non-PNS Kementerian Agama

2. Semua Pangkat/Golongan Ruang

3. Semua Jenis Kelamin

4. Semua Jenjang Pendidikan Umum

Kunci Jawaban Modul 2.2 Sistematika Karya Tulis Ilmiah - Pintar Kemenag

1 dari 10 soal

Merangkum literatur yang tersedia dan mengutip studi atau penelitian terdahulu merupakan bagian dari…

A. Pendahuluan

B. Kesimpulan

C. Abstrak

D. Hasil dan Pembahasan

 

2 dari 10 soal

Bagian dalam sistematika artikel ilmiah yang perlu menjawab “apa yang diteliti” dan “bagaimana penelitian tersebut dilakukan” disebut…

A. Abstrak

B. Pendahuluan

C. Metode Penelitian

D. Hasil dan Pembahasan

 

3 dari 10 soal

Urutan Sistematika Karya Tulis Ilmiah secara umum adalah ...

A. Judul, Abstrak, Pendahuluan, Hasil dan Pembahasan, Metode Penelitian, Kesimpulan, Daftar Pustaka

B. Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka

C. Judul, Pendahuluan, Abstrak, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Daftar Pustaka, Kesimpulan

D. Judul, Pendahuluan, Abstrak, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka

 

4 dari 10 soal

Elemen yang harus ada dalam abstrak adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Kalimat tema singkat untuk mengorientasikan keseluruhan masalah yang dibahas

B. Kata kunci yang mencerminkan disiplin, sub-disiplin, tema, desain penelitian dan konteks

C. Pernyataan kesimpulan harus menunjukkan kontribusi yang dibuat oleh penelitian dalam mengisi kesenjangan dalam literatur

D. Temuan utama harus diringkas

 

5 dari 10 soal

Bagaimana pengaruh judul yang menarik terhadap kualitas sebuah artikel ilmiah?

A..Menentukan latar belakang penelitian

B.Meningkatkan akurasi metode penelitian

C. Memberikan analisis mendalam terhadap hasil penelitian

D. Membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut


6 dari 10 soal

Aplikasi yang dapat digunakan sebagai manajemen referensi adalah…

A. Endgame

B. Zotero

C. Canva

D. Vancouver

 

7 dari 10 soal

Harus secara jelas mencerminkan tema utama, masalah atau posisi yang dibahas dalam artikel merupakan sistematika KTI yang disebut…

A. Abstrak

B. Latas Belakang

C. Kesimpulan

D. Judul

 

8 dari 10 soal

Peneliti perlu dengan jelas memberikan ruang lingkup, kebaruan, dan pentingnya penelitian tersebut dilakukan. Keseluruhan hal tersebut dijelaskan pada bagian…

A. Metode Penelitian

B. Hasil dan Pembahasan

C. Pendahuluan

D. Abstrak

 

9 dari 10 soal

Berikut ini merupakan metode (style) penulisan daftar Pustaka, kecuali…

A. Harvard Style

B. American Psychological Association Style

C. Oxford Style

D. Vancouver Style

 

10 dari 10 soal

Rekomendasi penelitian yang lebih lanjut biasanya ditempatkan pada bagian…

A. Pendahuluan dan Abstrak

B. Abstrak dan Kesimpulan

C. Hasil dan Pembahasan

D. Pendahuluan dan Pembahasan

Demikian Kunci Jawaban Modul 2.2 Sistematika Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dan Dosen di Pintar Kemenag 2024, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 2.2 Sistematika Karya Tulis Ilmiah - Pintar Kemenag"