Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study – Pintar Kemenag

Pelatihan Lesson Study di Era Digital – Pintar Kemenag

Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study

Pelatihan Lesson Study di Era Digital merupakan sebuah inisiatif penting yang diluncurkan oleh Kementerian Agama melalui Pelatihan Mandiri Bersertifikat. Pelatihan ini berbasis pada konsep MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan peserta untuk belajar secara asinkron dan online penuh, tanpa perlu hadir dalam sesi tatap muka atau Zoom. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi peserta, yang dapat mengikuti pelatihan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan mereka, asalkan masih dalam periode pelatihan yang ditetapkan.

Mengapa Lesson Study Penting?

Lesson Study for Learning Community adalah konsep utama yang akan dipelajari dalam pelatihan ini. Sebagai pendekatan kolaboratif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, Lesson Study memungkinkan para pendidik untuk secara bersama-sama merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan proses pembelajaran di kelas. Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis, kemampuan untuk secara efektif menerapkan Lesson Study menjadi semakin penting. Ini bukan hanya tentang memperbaiki metode pengajaran, tetapi juga tentang membangun komunitas belajar yang kuat di mana guru dan peserta didik dapat tumbuh dan berkembang bersama.

Dipelatihan ini peserta akan mempelajari : 

  1. Konsep Lesson Study for Learning Community
  2. Strategi, Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study
  3. Penyusunan Plan dalam Lesson Study
  4. Penyusunan Laporan Lesson Study

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi semua pegawai Kementerian Agama, baik PNS maupun Non-PNS. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin, atau latar belakang pendidikan, sehingga siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam Lesson Study dapat berpartisipasi. Ini menunjukkan komitmen Kementerian Agama untuk menyediakan pelatihan yang inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak yang terkait dengan dunia pendidikan.

Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study – Pintar Kemenag

Soal 1

Gambar tersebut menunjukan tahapan pada lesson study yaitu?

A. Tahapan Plan

B. Tahapan Do

C. tahapan See

D. Tahapan Pelaporan

Jawaban: A. Tahapan Plan

 

Soal 2

Yang bukan termasuk poin penting yang harus dianalisa ketiak sebuah rencana pembelajaran disusun, adalah

A. jumlah siswa dalam rambel memenuhi syarat

B. proses pembelajaran dan metodologi jelas

C. sikap belajar siswa diperhatikam, kesimpulannya jelas

D. konsep dan tujuan pelajaran dengan jelas disebutkan dengan kalimat yang ringkas

Jawaban: A. jumlah siswa dalam rambel memenuhi syarat

 

Soal 3

Diskusi antara guru dan pengamat yang dipandu oleh kepala sekolah atau personel yang ditunjuk untuk membahas pembelajaran yang telah dilaksanakan terjadi pada tahap?

A. Tahapan plan

B. tahapan see

C. tahapan pelaporan

D. tahapan do

Jawaban: B. tahapan see

 

Soal 4

Posisi observer sebaiknya?

A. di pojok kanan belakang agar siswa tidak terhalang pendampingnya

B. di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa

C. dekat dengan guru model

D. di pojok kiri belakang agar siswa tidak terhalang pendampingnya

Jawaban yang tepat: B. di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa

 

Soal 5

Pada saat open class, fokus pengamatan pada?

A. observer

B. kamera

C. siswa

D. guru

Jawaban C. siswa

Soal 6

Pembelajaran bukan hanya tanggung jawab guru di kelas, melainkan tanggung jawab kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat merupakan konsep?

A. society of education

B. learning community

C. society of learning

D. learning society

Jawaban B. learning community

 

Soal 7

Di dalam Lesson Study, untuk menemukan dan memecahkan kasus pembelajaran melibatkan guru lain guna melihat secara langsung (observasi) proses pembelajaran. Tugas utama observer (guru pengamat) sebenarnya adalah?

A. menemukan kasus pembelajaran dan memberi masukan penanganan terkait kasus pembelajaran yang ditemukan

B. melihat proses pembelajaran berjalan lancar atau tidak

C. menemukan kesalahan guru dalam mengajar dan menunjukkan kesalahan tersebut pada sesi refleksi

D. mengamati dak mencatat kasus siswa dalam belajar, merekam, lalu menunjukannya pada sesi refleksi

Jawaban: D. mengamati dak mencatat kasus siswa dalam belajar, merekam, lalu menunjukannya pada sesi refleksi

 

Soal 8

Urutan langkah yag harus dilakukan pada tahap plan adalah?

A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode, dan jenis evaluasi

B. pemilihan metode, identifikasi masalah, pemilihan materi, dan jenis evaluasi

C. identifikasi masalah, pemilihan materi, pemilihan metode, dan jenis evaluasi

D. identifikasi masalah, pemilihan materi, jenis evaluasi, dan pemilihan metode

Jawaban A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode, dan jenis evaluasi

 

Soal 9

Yang diutamakan dalam pemilihan materi saat merancang plan adalah

A. mapel yang dibenci siswa agar siswa menjadi suka

B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama

C. materi yang mudah sehingga guru dan siswa dapat berinteraksi

D. mapel yang disukai siswa agar siswa aktif saat open class

Jawaban B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama

 

Soal 10

Pada saat refleksi, objek yang didiskusikan meliputi hal-hal berikut ini, kecuali

A. bukti-bukti konkrit berdasarkan hasil pengamatan

B. kapan siswa belajar dan kapan siswa tidak dapat belajar

C. memperdalam masalah-masalah yang ditemukan

D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru

Jawaban D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru


Demikian artikel tentang Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study di MOOC Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study – Pintar Kemenag"