Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study – Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital – Pintar Kemenag
Pelatihan Lesson Study di Era Digital merupakan sebuah inisiatif penting yang diluncurkan oleh Kementerian Agama melalui Pelatihan Mandiri Bersertifikat. Pelatihan ini berbasis pada konsep MOOC (Massive Open Online Course) yang memungkinkan peserta untuk belajar secara asinkron dan online penuh, tanpa perlu hadir dalam sesi tatap muka atau Zoom. Pendekatan ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi peserta, yang dapat mengikuti pelatihan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan mereka, asalkan masih dalam periode pelatihan yang ditetapkan.
Mengapa Lesson Study Penting?
Lesson Study for Learning Community adalah konsep utama yang
akan dipelajari dalam pelatihan ini. Sebagai pendekatan kolaboratif untuk
peningkatan kualitas pembelajaran, Lesson Study memungkinkan para pendidik
untuk secara bersama-sama merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan proses
pembelajaran di kelas. Dalam era digital yang serba cepat dan dinamis,
kemampuan untuk secara efektif menerapkan Lesson Study menjadi semakin penting.
Ini bukan hanya tentang memperbaiki metode pengajaran, tetapi juga tentang
membangun komunitas belajar yang kuat di mana guru dan peserta didik dapat
tumbuh dan berkembang bersama.
Dipelatihan ini peserta akan mempelajari :
- Konsep Lesson
Study for Learning Community
- Strategi,
Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study
- Penyusunan Plan dalam Lesson
Study
- Penyusunan
Laporan Lesson Study
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi semua pegawai Kementerian Agama,
baik PNS maupun Non-PNS. Tidak ada batasan pangkat, golongan, jenis kelamin,
atau latar belakang pendidikan, sehingga siapa saja yang tertarik untuk
meningkatkan keterampilan mereka dalam Lesson Study dapat berpartisipasi. Ini
menunjukkan komitmen Kementerian Agama untuk menyediakan pelatihan yang
inklusif dan dapat diakses oleh semua pihak yang terkait dengan dunia
pendidikan.
Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study – Pintar Kemenag
Soal 1
Gambar tersebut menunjukan tahapan pada lesson study yaitu?
A. Tahapan Plan
B. Tahapan Do
C. tahapan See
D. Tahapan Pelaporan
Jawaban: A. Tahapan Plan
Soal 2
Yang bukan termasuk poin penting yang harus dianalisa ketiak
sebuah rencana pembelajaran disusun, adalah
A. jumlah siswa dalam rambel memenuhi syarat
B. proses pembelajaran dan metodologi jelas
C. sikap belajar siswa diperhatikam, kesimpulannya jelas
D. konsep dan tujuan pelajaran dengan jelas disebutkan
dengan kalimat yang ringkas
Jawaban: A. jumlah siswa dalam rambel memenuhi syarat
Soal 3
Diskusi antara guru dan pengamat yang dipandu oleh kepala
sekolah atau personel yang ditunjuk untuk membahas pembelajaran yang telah
dilaksanakan terjadi pada tahap?
A. Tahapan plan
B. tahapan see
C. tahapan pelaporan
D. tahapan do
Jawaban: B. tahapan see
Soal 4
Posisi observer sebaiknya?
A. di pojok kanan belakang agar siswa tidak terhalang
pendampingnya
B. di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa
C. dekat dengan guru model
D. di pojok kiri belakang agar siswa tidak terhalang
pendampingnya
Jawaban yang tepat: B. di mana saja asalkan dapat mengamati
interaksi siswa
Soal 5
Pada saat open class, fokus pengamatan pada?
A. observer
B. kamera
C. siswa
D. guru
Jawaban C. siswa
Soal 6
Pembelajaran bukan hanya tanggung jawab guru di kelas,
melainkan tanggung jawab kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat merupakan
konsep?
A. society of education
B. learning community
C. society of learning
D. learning society
Jawaban B. learning community
Soal 7
Di dalam Lesson Study, untuk menemukan dan memecahkan kasus
pembelajaran melibatkan guru lain guna melihat secara langsung (observasi)
proses pembelajaran. Tugas utama observer (guru pengamat) sebenarnya adalah?
A. menemukan kasus pembelajaran dan memberi masukan
penanganan terkait kasus pembelajaran yang ditemukan
B. melihat proses pembelajaran berjalan lancar atau tidak
C. menemukan kesalahan guru dalam mengajar dan menunjukkan
kesalahan tersebut pada sesi refleksi
D. mengamati dak mencatat kasus siswa dalam belajar,
merekam, lalu menunjukannya pada sesi refleksi
Jawaban: D. mengamati dak mencatat kasus siswa dalam
belajar, merekam, lalu menunjukannya pada sesi refleksi
Soal 8
Urutan langkah yag harus dilakukan pada tahap plan adalah?
A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode,
dan jenis evaluasi
B. pemilihan metode, identifikasi masalah, pemilihan materi,
dan jenis evaluasi
C. identifikasi masalah, pemilihan materi, pemilihan metode,
dan jenis evaluasi
D. identifikasi masalah, pemilihan materi, jenis evaluasi,
dan pemilihan metode
Jawaban A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan
metode, dan jenis evaluasi
Soal 9
Yang diutamakan dalam pemilihan materi saat merancang plan
adalah
A. mapel yang dibenci siswa agar siswa menjadi suka
B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama
C. materi yang mudah sehingga guru dan siswa dapat
berinteraksi
D. mapel yang disukai siswa agar siswa aktif saat open class
Jawaban B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara
bersama
Soal 10
Pada saat refleksi, objek yang didiskusikan meliputi hal-hal
berikut ini, kecuali
A. bukti-bukti konkrit berdasarkan hasil pengamatan
B. kapan siswa belajar dan kapan siswa tidak dapat belajar
C. memperdalam masalah-masalah yang ditemukan
D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru
Jawaban D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru
Demikian artikel tentang Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam
Lesson Study di MOOC Pintar Kemenag. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study – Pintar Kemenag"
Posting Komentar