Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.
Informasi Umum
Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan
pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini
bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka
sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan
kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta
akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan
PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.
Materi Pelatihan
Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari
beberapa topik penting, di antaranya:
1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas
2. Pengayaan Konsep PTK
3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK
4. Perancangan PTK
5. Pengayaan dalam Merancang PTK
6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK
7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK
8. Penyusunan Laporan Hasil PTK
Persyaratan Peserta
Pelatihan ini terbuka bagi:
1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama
2. Semua pangkat dan golongan ruang
3. Semua jenis kelamin
4. Semua tingkat pendidikan
Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu
meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan
melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan
menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian
berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.
Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag
Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap
lebih teliti!
1 dari 10 soal
Perhatikan pernyataan di bawah ini:
1. Perencanaan tindakan
2. Pelaksanaan tindakan
3. Perencanaan/ rumusan masalah
4. Pengumpulan data
5. Pengumpulan tindakan
6. Analsis dan interprestasi
Pernyataan tersebut merupakan cakupan langkah-langkah
tindakan, yaitu......
A (2), (3), (4), (5)
B (1), (3), (4), (6)
C (1), (4), (5), (6)
D (2), (3), (5), (6)
E (1), (2), (3), (4)
2 dari 10 soal
Kegiatan observasi tindakan menggunakan
instrument pengamatan yang mencakup tiga instrument yang diantaranya untuk
mengamati kondisi kelas yang diamati oleh guru yang bersangkutan. Pengamatan
kondisi kelas mencakup beberapa hal diantaranya, sebagai berikut... ما
A Penerapan metode oleh guru
B Kegiatan belajar mengajar
C Keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif
D Suasana kelas yang menyenangkan
E Keaktifan siswa, penugasan, suasana belajar siswa
3 dari 10 soal
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian untuk
mengatasi permasalahan atau perbaikan pembelajaran di kelas, oleh karena itu
diperlukan langkah-langkah yang sistematis, yaitu......
A Observasi tindakan, merencakan tindakan, melaksanakan
tindakan dan refleksi
B Merencanakan, observasi, melaksanakan tindakan, dan
refleksi tindakan
C Merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan dan refleksi
tindakan
D Merencanakan, melaksanakan tindakan, observasi dan
refleksi
E Observasi, melaksanakan tindakan, refkeksi dan
merencanakan ulang
4 dari 10 soal
Instrumen hasil tindakan, dapat berupa soal yang berkaitan
dengan materi yang diajarkan dan dapat dilaksanakn melalui ulangan
harian/postest/atau rubrik penugasan. Instrumen ini dilakukan oleh guru yang
bersangkutan adalah untuk mengukur...
A Keberhasilan pengamatan
B Keberhasilan tindakan
C Keberhasilan perencanaan
D Keberhasilan guru mengajar
E Hasil refleksi
5 dari 10 soal
Upaya untuk mengkaji apa yang telah terjadi dan/atau tidak
terjadi, apa yang telah dihasilkan atau yang belum berhasil dituntaskan dengan
tindakan perbaikan yang telah dilakukan, disebut....
A Tindak lanjut
B Observasi
C Perencanaan
D Tindakan
E Refleksi
6 dari 10 soal
Pelaksanaan pengamatan (observasi) tindakan ada beberap hal
yang wajib dicatat, yaitu....
A Proses tindakan, proses aktivitas peserta didik
B Proses pembelajaran aktif dan dampak positif pembelajaran
C Proses dari tindakan, efek-efek tindakan, lingkungan
dan hambatan yang muncul
D Proses pembelajaran, dampak pembelajaran, dan kendala yang
harus diatasi
E Proses dari pembelajaran, kegiatan auru, kegiatan peserta
didik, dan hasil belajar
7 dari 10 soal
Teknik pengumpulan data dalam PTK menggunakan observasi,
wawancara, angket, dan catatan harian, kemudian dia yang dikelompokan menjadi
dua, yaitu...
A Data berupa angka dan prosentase
B Data kualitatif
C Data kuantitatif dan kualitatif
D Data kuantitatif
E Data naratif/deskriptif
8 dari 10 soal
Di bawah ini yang bukan termasuk langkah-langkah persiapan
tindakan adalah:
A Membuat perangkat dan skenario pembelajaran
B Menentukan media yang sesuai dengan materi yang akan
diajarkan
C Menentukan metode yang akan diterapkan yang sesuai
kebutuhan setiap peserta didik
D Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka
implementasi tindakan perbaikan yang telah direncanakan
E Langkah-langkah yang dilakukan guru
9 dari 10 soal
Merencanakan tindakan perbaikan, guru perlu membuat rencana
tindakan yang didasarkan pada hal-hal yang akan dilaksanakan, dibawah ini yang
bukan termasuk cakupan merencanakan tindakan adalah...
A Fokus/rumusan masalah
B Latar belakang masalah
C Rencana tindakan
D Hipotesi tindakan jika diperlukan
E Perencanaan pembelajaran
10 dari 10 soal
Kegiatan refleksi mencakup beberapa hal, dibawah ini
merupakan salah satu kegiatan refleksi, yai...
A Menguji hipotesis statistik
B Analisis, sistesis, penafsiran (penginterpretasian)
data
C Menganalisis tindakan yang belum berhasil saja
D Merekap data hasil wawancara E Merekap data hasil
observasi
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag"
Posting Komentar