Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kementerian Agama

Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama akan berlangsung pada tanggal 13 hingga 17 September 2024. Program pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Pintar, berbasis MOOC (Massive Open Online Course), yang memungkinkan peserta mengikuti pelatihan secara mandiri, tanpa tatap muka atau sesi Zoom.

Informasi Umum

Peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihan secara mandiri sesuai periode yang telah ditentukan. Pelatihan ini bersifat asinkron, sehingga peserta dapat mengatur waktu pelatihan mereka sendiri, di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada peserta dalam menyusun hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta akan mempelajari berbagai konsep dan langkah-langkah praktis dalam melaksanakan PTK, mulai dari perencanaan hingga pelaporan hasil penelitian.

Materi Pelatihan

Selama lima hari pelatihan, peserta akan mempelajari beberapa topik penting, di antaranya:

1. Konsep Penelitian Tindakan Kelas

2. Pengayaan Konsep PTK

3. Langkah-Langkah Pelaksanaan PTK

4. Perancangan PTK

5. Pengayaan dalam Merancang PTK

6. Perbaikan dalam Pembelajaran PTK

7. Analisis dan Interpretasi Data, serta Tindak Lanjut PTK

8. Penyusunan Laporan Hasil PTK

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi:

1. PNS dan Non-PNS Kementerian Agama

2. Semua pangkat dan golongan ruang

3. Semua jenis kelamin

4. Semua tingkat pendidikan

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan dan melaporkan penelitian tindakan kelas yang efektif. Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian berbasis kelas yang relevan dan aplikatif.

Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag

Petunjuk Pengisian : Soal tersusun secara acak, jadi harap lebih teliti!

1 dari 10 soal

Perhatikan pernyataan di bawah ini:

1. Perencanaan tindakan

2. Pelaksanaan tindakan

3. Perencanaan/ rumusan masalah

4. Pengumpulan data

5. Pengumpulan tindakan

6. Analsis dan interprestasi

Pernyataan tersebut merupakan cakupan langkah-langkah tindakan, yaitu......

A (2), (3), (4), (5)

B (1), (3), (4), (6)

C (1), (4), (5), (6)

D (2), (3), (5), (6)

E (1), (2), (3), (4)

 

2 dari 10 soal 

Kegiatan observasi tindakan menggunakan instrument pengamatan yang mencakup tiga instrument yang diantaranya untuk mengamati kondisi kelas yang diamati oleh guru yang bersangkutan. Pengamatan kondisi kelas mencakup beberapa hal diantaranya, sebagai berikut... ما

A Penerapan metode oleh guru

B Kegiatan belajar mengajar

C Keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif

D Suasana kelas yang menyenangkan

E Keaktifan siswa, penugasan, suasana belajar siswa

 

3 dari 10 soal

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian untuk mengatasi permasalahan atau perbaikan pembelajaran di kelas, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang sistematis, yaitu......

A Observasi tindakan, merencakan tindakan, melaksanakan tindakan dan refleksi

B Merencanakan, observasi, melaksanakan tindakan, dan refleksi tindakan

C Merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan dan refleksi tindakan

D Merencanakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi

E Observasi, melaksanakan tindakan, refkeksi dan merencanakan ulang

 

4 dari 10 soal 

Instrumen hasil tindakan, dapat berupa soal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan dan dapat dilaksanakn melalui ulangan harian/postest/atau rubrik penugasan. Instrumen ini dilakukan oleh guru yang bersangkutan adalah untuk mengukur...

A Keberhasilan pengamatan

B Keberhasilan tindakan

C Keberhasilan perencanaan

D Keberhasilan guru mengajar

E Hasil refleksi

 

5 dari 10 soal 

Upaya untuk mengkaji apa yang telah terjadi dan/atau tidak terjadi, apa yang telah dihasilkan atau yang belum berhasil dituntaskan dengan tindakan perbaikan yang telah dilakukan, disebut.... 

A Tindak lanjut

B Observasi

C Perencanaan

D Tindakan

E Refleksi

6 dari 10 soal

Pelaksanaan pengamatan (observasi) tindakan ada beberap hal yang wajib dicatat, yaitu....

A Proses tindakan, proses aktivitas peserta didik

B Proses pembelajaran aktif dan dampak positif pembelajaran

C Proses dari tindakan, efek-efek tindakan, lingkungan dan hambatan yang muncul

D Proses pembelajaran, dampak pembelajaran, dan kendala yang harus diatasi

E Proses dari pembelajaran, kegiatan auru, kegiatan peserta didik, dan hasil belajar

 

7 dari 10 soal

Teknik pengumpulan data dalam PTK menggunakan observasi, wawancara, angket, dan catatan harian, kemudian dia yang dikelompokan menjadi dua, yaitu...

A Data berupa angka dan prosentase

B Data kualitatif

C Data kuantitatif dan kualitatif

D Data kuantitatif

E Data naratif/deskriptif

 

8 dari 10 soal

Di bawah ini yang bukan termasuk langkah-langkah persiapan tindakan adalah:

A Membuat perangkat dan skenario pembelajaran

B Menentukan media yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan

C Menentukan metode yang akan diterapkan yang sesuai kebutuhan setiap peserta didik

D Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka implementasi tindakan perbaikan yang telah direncanakan

E Langkah-langkah yang dilakukan guru

 

9 dari 10 soal

Merencanakan tindakan perbaikan, guru perlu membuat rencana tindakan yang didasarkan pada hal-hal yang akan dilaksanakan, dibawah ini yang bukan termasuk cakupan merencanakan tindakan adalah...

A Fokus/rumusan masalah

B Latar belakang masalah

C Rencana tindakan

D Hipotesi tindakan jika diperlukan

E Perencanaan pembelajaran

 

10 dari 10 soal

Kegiatan refleksi mencakup beberapa hal, dibawah ini merupakan salah satu kegiatan refleksi, yai...

A Menguji hipotesis statistik

B Analisis, sistesis, penafsiran (penginterpretasian) data

C Menganalisis tindakan yang belum berhasil saja

D Merekap data hasil wawancara E Merekap data hasil observasi

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Modul 3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas – Pintar Kemenag"